Damang Adat Agar Berperan Tangkal Radikalisme, Kata Bupati Ini

id damang adat, bupati pulpis, banama tingang

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo melantik Damang Kecamatan Banama Tingang, Tenteng Teus Rasad. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antara Kalteng) - Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo meminta kepada Damang Adat agar ikut serta berperan dalam menyelesaikan konflik-konflik maupun sengketa dengan mengacu pada adat-istiadat di daerah setempat.

"Selain itu ikut berperan menangkal masuknya paham radikalisme, serta menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat di daerah setempat," kata Edy Pratowo, Kamis (10/8).

Pada pelantikan Damang Kecamatan Banama Tingang terpilih yaitu Tenteng Teus Rasad. Edy Pratowo berharap Damang Adat bisa memberikan keputusan yang adil dalam melaksanakan hukum adat di daerah setempat. Berdasarkan tugas dan fungsinya, Damang hendaknya bisa berperan aktif, bersinergi dengan unsur pemerintahan di kecamatan, mantir adat, dan semua pihak dalam pelaksanaan proses pembangunan

Edy menambahkan bahwa yang paling penting untuk damang yang dilantik, dalam menjalankan tugas kedamangannya bersama para mantir adat dapat memberikan kontribusi dalam bersama-sama membangun Kabupaten Pulang Pisau.

Dirinya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setingi-tingginya kepada damang sebelumnya atas kerjasama serta sumbangsih selama ini, dan kepada damang baru untuk melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat dengan baik.

Pelantikan prosesi secara adat Damang Kecamatan Banama Tingang dilakukan oleh Ketua Dewan Adat Dayak, Edvin Mandala di aula kecamatan setempat. 

Usai dilantik, Bupati H Edy Pratowo menyerahkan simbolis kunci sepeda motor kepada Damang Kecamatan Banama Tingang, Tenteng Teus Rasad untuk digunakan sebagai operasional untuk kelancaran tugas-tugas di lapangan.

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar