Rabu, 18 Oktober 2017

Kemenkumham Siap Periksa Lapas Muara Teweh Terkait Kaburnya Narapidana Anak

id Napi anak Kabur, Kakanwil Kemenkumham Agus Purwanto, Sipir Diperiksa. lapas, penjara
Kemenkumham Siap Periksa Lapas Muara Teweh Terkait Kaburnya Narapidana Anak
Ilustrasi - (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)
Ketika hasil pemeriksaan benar terbukti ada kerja sama dengan petugas Lapas, maka sanksi untuk sipir tersebut sduah kita siapkan sesuai dengan aturan yang berlaku,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Agus Purwanto dalam waktu dekat akan memeriksa sejumlah sipir Lembaga Pemasyarakatan II B Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara terkait kaburnya narapidana anak, pada Kamis (10/8/17).

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan pemeriksaan terhadap anggota sipir Lapas II B Muara Teweh. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada keterlibatan petugas ketika sedang piket waktu itu," kata Agus dikomfirmasi di Palangka Raya, Jumat.

Agus mengancam bagi sipir Lapas setempat ada melakukan kerja sama dengan napi anak yang kabur tersebut. Maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada oknum sipir tersebut, bila mana terbukti sesuai dengan bukti otentik.

"Ketika hasil pemeriksaan benar terbukti ada kerja sama dengan petugas Lapas, maka sanksi untuk sipir tersebut sduah kita siapkan sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya.

Pasca kaburnya napi anak tersebut, pihak lapas juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat untuk melakukan pengejaran. Selain itu juga pihak Lapas menyebar identitas yang bersangkutan guna mempersempit pelarian napi yang kabur dari Lapas.

"Kalapas setempat juga sudah saya perintahkan untuk melakukan pencarian serta berkoordinasi dengan aparat yang berwajib di daerah setempat. Sampai sekarang pihaknya masih mencari informasi mengenai keberadaan napi tersebut," ucap Agus.

Ia berharap, napi anak yang membuat panik pihak Lapas semoga saja bisa segera diamankan oleh pihaknya dan kepolisian setempat. Masyarakat setempat yang mengetahui keberadaan napi tersebut segera melaporkan kepihak yang berwajib.

"Saya meminta bantuan kepada seluruh lapisan amsyarakat apabila melihat buruan kami melintas serta bersembunyi di pemukiman warga, agar segera melaporkan ke pihak aparat yang berwajib atau petugas kami. agar yang bersangkutan bisa kita kembalikan dan menjalani sisa masa hukumannya sesuai denga aturan," pungkas dia.



Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga