Rabu, 18 Oktober 2017

Pemanjat Mapala UI Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Tebing "Puruk Sandukui"

id Tebing Puruk Sadukui, Mapala Universitas Indonesia, panjat tebing, gunung mas, kalimantan tengah, Puruk Sadukui
Pemanjat Mapala UI Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Tebing
Salah satu Tim panjat tebing Mapala UI saat berlatih (Istimewa)
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ekspedisi panjat tebing Mapala UI kali ini memiliki tujuan untuk menjadi tim pemanjat pertama yang berhasil mencapai puncak tebing "perawan" Puruk Sandukui. 

Puruk Sandukui itu sendiri merupakan tebing berbentuk seperti telunjuk yang terletak di Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. 

Wilayah tempat tebing ini berada di tengah hutan Kalimantan yang termasuk dalam kawasan Heart of Borneo yang dilindungi oleh WWF Indonesia. 

Dalam ekspedisi ini, terdapat dua tim. Tim Panjat adalah tim yang akan membuat jalur pemanjatan menuju top, serta beberapa jalur sport. 


Sementara itu, Tim Eksplorasi akan melakukan eksplorasi alam dan budaya Ot Danoem, yaitu suku Dayak yang berada di dekat Tebing. 

Selain itu, Tim akan melaksanakan upacara dan mengibarkan bendera merah putih di atas tebing Puruk Sandukui dalam rangka hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun. 

Hasil yang diperoleh oleh kedua tim ini akan diolah dan dijadikan laporan rekomendasi pengembangan pariwisata pada pemerintah setempat. 

Setelah melakukan ekspedisi ini, diharapkan potensi dan keindahan alam serta budaya di daerah yang merupakan "Calon Ibu Kota Indonesia Yang Baru" ini akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.



Penulis: Tim MAPALA Universitas Indonesia

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga