Legislator Asal Kalteng Berjanji Perkuat Lobi Pusat

id Rahmat Nasution Hamka, DPR RI, Legislator Asal Kalteng Berjanji Perkuat Lobi Pusat

Anggota Komisi IV DPR RI dapil Kalimantan Tengah, Rahmat Nasution Hamka. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Yang sering terjadi, kalau birokrasi berhadapan dengan birokrasi bisa lama dan panjang prosesnya. Melalui surat juga tidak dibalas, dan itu menyakitkan,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Anggota Komisi IV DPR RI dapil Kalimantan Tengah Rahmat Nasution Hamka minta Pemprov dan Pemkab/Pemko se-Kalteng untuk memanfaatkan kekuatan lobi politik anggota DPR saat berhadapan dengan pemerintah pusat.

"Manfaatkanlah keberadaan kami di DPR, kedepan akan dilakukan penguatan lobi pemerintah daerah ke pemerintah pusat dalam mengusulkan sesuatu kepada pemerintah pusat," katanya di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut Rahmat, untuk memperjuangkan pembangunan daerah diperlukan strategi dan sinergi sehingga usul yang disampaikan dapat diakomodir oleh pemerintah pusat melalui kementerian tertentu.

"Intinya, saat pemerintah daerah memperjuangkan sesuatu ke pemerintah pusat itu perlu strategi," katanya.

Menurutnya, saat menempuh jalur birokrasi, pemerintah daerah sering menghadapi banyak kesulitan, bahkan usul pembangunan yang disampaikan seringkali tidak sampai ke menteri.

"Yang sering terjadi, kalau birokrasi berhadapan dengan birokrasi bisa lama dan panjang prosesnya. Melalui surat juga tidak dibalas, dan itu menyakitkan," katanya.

Sebagai wakil rakyat, anggota DPR punya kekuatan untuk menekan pemerintah pusat. Selain itu anggota DPR memiliki kesempatan lebih banyak untuk bertemu langsung dengan menteri sehingga dapat berkomunikasi secara intens untuk membahas pembangunan yang diusulkam daerah.

"Kita sering bertemu dengan menteri, terutama rapat dengar pendapat (RDP), jadi ini kesempatan untuk memanfaatkan keberadaan kami di parlemen," katanya.

Ia menambahkan, yang harus dilakukan pemerintah daerah adalah menyiapkan data-data yang diperlukan terkait usulan pembangunan kepada kementerian sesuai dengan bidang masing-masing.

"Nanti bersama-sama dengan rekan-rekan DPR dapil Kalteng lainnya, kita akan perjuangkan apa yang diusulkan oleh pemerintah daerah," katanya.

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar