Chelsea Tumbang Lawan Burnley

id chelsea, burnley, liga primer

Chelsea Tumbang Lawan Burnley

Reaksi pelatih Chelsea, Antonio Conte, saat mendampingi timnya melakoni laga pekan pertama Liga Inggris melawan Burnley di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu (12/8/2017). (twitter.com/chelseafc)

London  (Antara Kalteng) - Juara bertahan Liga Primer Chelsea tumbang saat melawan Burnley dengan skor 3-2 dalam laga pekan pertama Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Sabtu.

Burnley meraih kemenangan berkat dwigol Sam Vokes dan satu gol dari Stephen Ward, sementara Chelsea membalas lewat gol debut Alvaro Morata serta gol David Luiz.

Tim besutan Sean Dyche itu memiliki keuntungan besar, yakni bermain menghadapi sembilan pemain setelah kartu merah diperlihatkan wasit Craig Pawson kepada kapten Chelsea Gary Cahill dan rekannya Cesc Fabregas.

Namun demikian, Chelsea patut mendapat sorotan di laga tersebut karena berhasil mencetak dua gol meskipun bermain dalam jumlah pemain yang lebih sedikit dibanding tim tamu. Satu gol saat bermain dengan 10 orang, satu lainnya ketika hanya tersisa sembilan orang.

Cahill mengawali musim baru dengan jabatan barunya mengemban ban kapten dengan catatan yang paling tidak diharapkan, yakni diganjar kartu merah saat laga baru berjalan 14 menit lantaran berusaha merebut kembali bola yang hilang di area sendiri dengan menjegal Steven Defour.

Kartu merah untuk Cahill disusul sebuah kartu kuning bagi Cesc Fabregas yang terlihat melakukan gerakan tepuk tangan di hadapan Pawson atas keputusannya terhadap kapten tuan rumah. Kartu kuning yang belakangan akan merugikan Fabregas dan Chelsea di 10 menit terakhir pertandingan.

Keunggulan jumlah pemain berhasil dimanfaatkan Burnley untuk membuka keunggulan lewat gol Vokes yang menyambut umpan tarik Matthew Lowton pada menit 24.

Burnley menggandakan keunggulan pada menit 39 berkat sebuah gol cantik dari sebuah situasi bola mati dilesakkan oleh Ward ke area tiang jauh tak terjangkau penjaga gawang Thibaut Courtois.

Pada menit 43 Vokes meraih gol keduanya sekaligus memperbesar keunggulan Burnley menjadi 3-0 memasuki waktu turun minum.

Selepas turun minum, Conte akhirnya memberi kepercayaan Morata melakukan debutnya menggantikan Batshuayi pada menit 59.

Hasilnya, baru 10 menit merumput Morata berhasil mencetak gol menanduk umpan silang kiriman Willian. Kedudukan berubah 1-3.

Morata kembali menceploskan bola pada menit 73, namun ia terlebih dahulu terciduk dalam posisi offside oleh hakim garis sehingga gol dianulir.

Menit 81, upaya Chelsea mengejar ketertinggalan kain berat setelah Fabregas melakukan jegalan yang terlambat kepada Jack Cork tak jauh dari penglihatan wasit sehingga kartu merah menjadi ganjarannya.

Meski demikian harapan itu rupanya kembali muncul saat Luiz mencetak gol menyelesaikan umpan dari Morata pada menit 88, mengubah kedudukan menjadi 2-3.

Burnley hampir saja menyudahi laga lebih awal untuk Chelsea jika bola tendangan bebas Robbie Brady tak ditolak oleh mistar gawang pada menit 90.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Inggris:

Chelsea (3-4-2-1): Thibaut Courtois (PG); Antonio Ruediger, David Luiz, Gary Cahill; Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Cesc Fabregas, Marcos Alonso; Willian, Jeremie Boga (Andreas Christensen/Charly Musonda); Michy Batshuayi (Alvaro Morata)
Pelatih: Antonio Conte

Burnley (4-5-1): Tom Heaton (PG); Matthew Lowton, Ben Mee, James Tarkowski, Stephen Ward; Johann Berg Gudmundsson; Jeff Hendrick, Steven Defour (Jonathan Walters), Jack Cork, Robbie Brady; Sam Vokes
Pelatih: Sean Dyche