Calon Haji Diminta Saling Membantu, Ini Pesan Bupati Kotim

id haji kalteng, haji kotim, bupati kotim

Bupati Kotim H Supian Hadi memberangkatkan 183 jemaah calon haji asal Kotim menuju Palangka Raya, Minggu (13/8/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, H Supian Hadi meminta seluruh jamaah calon haji saling membantu agar semua bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan menjadi haji yang mabrur.

"Kita jangan sombong dan jangan takabur. Jangan merasa paling mampu. Kita harus saling bantu karena apapun bisa terjadi. Kalau ada saudara kita yang mendapat kesulitan, langsung kita bantu sama-sama karena siapapun bisa mendapat kendala, makanya harus saling membantu," kata Supian Hadi saat memberangkatkan jamaah calon haji di Komplek Islamic Center di Sampit, Minggu.

Supian berharap seluruh jemaah calon haji bisa mematuhi arahan petugas dan pembimbing. Calon haji jangan melaksanakan kegiatan sendiri-sendiri tanpa seizin petugas karena rawan terpisah dari rombongan.

Petugas kesehatan yang mendampingi rombongan diharapkan secara serius memberi perhatian kepada jamaah, khususnya calon haji yang berisiko tinggi. Jika ada keluhan dari calon haji, harus ditanggapi dengan cepat dan dilayani dengan baik.

"Kami juga mohon doakan kami agar bisa amanah dalam menjalankan tugas. Doakan ASN agar makin memahami tugas dan tanggung jawab sehingga memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat," harap Supian.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur, H Samsudin mengatakan, jumlah caon haji yang diberangkatkan sebanyak 183 orang, terdiri 77 laki-laki dan 106 perempuan. Calon haji paling tua bernama Hasanah berusia 75 tahun, sedangkan yang paling muda bernama Nisa berusia 25 tahun.

Sebelumnya, ada 27 calon haji yang menunda keberangkatan dengan berbagai alasan seperti sakit, hamil, belum mampu melunasi biaya haji dan alasan lainnya. Jemaah calon haji asal Kotawaringin Timur merupakan terbanyak kedua di Kalimantan Tengah.

Calon haji Kotawaringin Timur tergabung dalam kelompok terbang 11, bergabung dengan calon haji dari lima kabupaten lainnya. Mereka diberangkatkan menggunakan bus menuju asrama haji Al Mabrur Palangka Raya degan waktu tempuh lebih dari empat jam. Selanjutnya Senin siang, rombongan diterbangkan dari Embarkasi Antara Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, kemudian diterbangkan ke tanah suci.

Tahun ini biaya naik haji sebesar Rp37.884.000 per orang. Hingga saat ini daftar tunggu calon haji di Kotawaringin Timur sudah sebanyak 3.497 orang atau baru habis diberangkatkan selama 18 tahun. 

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar