Gubernur Kalteng Minta Optimalisasi Usaha Perusda BTM

id Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Perusda BTM

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta Direksi Perusahaan Daerah Banama Tingang Makmur (BTM) yang baru dilantik agar melanjutkan dan mengoptimalkan perbaikan agar berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan asli daerah.

Hotel Dandang Tingang yang menjadi salah satu unit usaha Perusda BTM telah memberikan keuntungan sehingga harus dilanjutkan dan ditingkatkan, katanya saat melantik Direksi dan Pengawas perusahaan milik pemerintah Kalteng itu di Palangka Raya, Jumat.

"Saya ingin lahan-lahan kebun dan tambang sebagian besar ada di tangan perusda. Saya percaya betul bahwa perusda mampu membuat Kalteng semakin tangguh dan bermartabat. Silahkan bekerja dengan baik, kreatif dan inovatif," ucap Gubernur Sugianto.

Dirut Perusda BTM yang dilantik Pradewo Gus Tejo, Direktur Umum Laksda TNI (Purn) Heri Setia Negara, Direktur Keuangan MK Mas Heri dan Direktur Operasi HW Supangad dengan masa jabatan hingga 21 Juni 2021.

Ketua Badan Pengawas Perusahaan Daerah Banama Tingang Makmur, Ketua Syahrin Daulay, anggota Lubis Rada dan lainnya.

"Saya minta Direksi Perusda Banama Tingang Makmur mencari pengusaha yang mau berinvestasi di bidang industri kehutanan. Dinas Kehutanan Kalteng silahkan bekerjasama dengan Perusda Banama Tingang Makmur," kata Sugianto.

Gubernur Sugianto mengaku telah berupaya maksimal mempersiapkan lahan perkebunan tebu seluas 300 ribu hektar di wilayah Barito, namun investornya lebih memilih di Kabupaten Seruyan dan Kotawaringin Timur.

Dia mengatakan investor kurang tertarik berinvestasi perkebunan tebu di wilayah Barito karena dianggap jauh dari laut, sehingga akan menambah biaya operasional apabila membukanya. Sedangkan di Seruyan dan Kotim ada pelabuhan yang menghadap langsung ke Laut Jawa.

"Saya akan berupaya membangun hulu dan hilir di wilayah Barito. Saya janji," kata Sugianto.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar