Wakil Gubernur Kalteng Apresiasi Kontribusi BUMN Bangun Daerah

id wagub kalteng, pelindo III, BUMN Hadir Untuk Negeri

Wakil Gubernur Kalteng Apresiasi Kontribusi BUMN Bangun Daerah

Wakil Gubernur Kalteng, Habib H Said Ismail memberangkatkan peserta jalan sehat 'BUMN Hadir Untuk Negeri' di Pelabuhan Sampit, Minggu (20/8/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Ismail mengapresiasi kontribusi badan usaha milik negara (BUMN) terhadap pembangunan di daerah ini melalui bidang masing-masing.

"Selama ini BUMN sudah banyak berperan terhadap pembangunan di Kalimantan Tengah. Seperti kegiatan hari ini (jalan sehat dan bantuan sosial), salah satu kontribusi untuk masyarakat," kata Wagub Ismail saat jalan sehat "BUMN Hadir Untuk Negeri" di Pelabuhan Sampit, Minggu.

Ismail sengaja datang menghadiri jalan sehat yang merupakan puncak perayaan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Sampit oleh BUMN. Sebelumnya, upacara peringatan HUT Kemerdekaan juga digelar di Pelabuhan Sampit pada 17 Agustus lalu.

Sekitar 1.600 warga mengikuti jalan sehat berhadiah dua sepeda motor dan ratusan hadiah lainnya. Belasan perwakilan perusahaan BUMN juga hadir untuk memeriahkan acara ini.

Ismail mengajak segenap elemen masyarakat mendukung pemerintah untuk membangun daerah. Peran perusahaan besar swasta dan BUMN sangat dibutuhkan karena anggaran yang dimiliki pemerintah daerah cukup terbatas.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelindo III, Toto Heliyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang diinisiasi Kementerian BUMN. Di Kalimantan Tengah, acara ini dilaksanakan oleh PT Pelindo III, Kimia Farma dan Balai Pustaka sebagai PIC dan Co-PIC yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN.

"Ini merupakan bentuk kontribusi BUMN untuk masyarakat. Ini menjadi momen kepedulian BUMN yang hadir untuk turut membangun negeri, tidak hanya di bidang perekonomian, tetapi juga di bidang sosial. Sehingga manfaat kehadiran BUMN langsung dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia," kata Toto.

Acara jalan sehat dimeriahkan berbagai kegiatan hiburan bersama masyarakat, pesta kuliner gratis, pembagian hadiah dan panggung hiburan. Selain itu, juga ada sejumlah aksi sosial berupa pembagian 500 paket sembako, elektrifikasi listrik sebanyak 100 rumah, toilet sebanyak 50 unit, penyerahan bantuan renovasi 30 rumah veteran dan sarana ibadah sebanyak dua unit.

Acara jalan sehat berlangsung meriah. Selain mendapatkan makan gratis, banyak peserta juga mendapatkan hampir 200 hadiah yang disiapkan panitia.