BNK - Polres Seruyan Bentuk Desa Bebas Narkoba

id BNK Seruyan, Polres Seruyan, Desa Bebas Narkoba

BNK - Polres Seruyan Bentuk Desa Bebas Narkoba

Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir dan Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu'min Wijaya bersama-sama masyarakat saat Deklarasi Kampung Merah Puti h Besih Narkoba di Desa Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Selasa. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Andriano

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Badan Narkotika Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan kepolisian resor setempat membentuk Desa Sungai Bakau sebagai desa yang terbebas dari peredaran narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.

"Ini sebagai upaya kita untuk memerangi peredaran narkoba di Seruyan," kata Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Seruyan, Yulhaidir saat Deklarasi Kampung Merah Putih Bersih Narkoba di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Selasa.

Yulhaidir yang juga Wakil Bupati Seruyan itu, mengatakan peredaran narkoba di daerah itu sudah memprihatinkan.

Peredaran barang haram itu, bukan hanya terjadi di perkotaan, namun hingga pedesaan dan sudah merambah berbagai kalangan.

Oleh karena itu, katanya, diperlukan kerja keras dan langkah strategis untuk memutus mata rantai peredaran narkoba bersama-sama dengan masyarakat, salah satunya dengan membentuk desa bebas narkoba.

"Peredaran narkoba tidak boleh dibiarkan dan harus diperangi karena dapat merusak tatanan keluarga, masyarakat, dan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa," katanya.

Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu'min Wijaya menambahkan jika dilihat dari kasus narkoba yang berhasil diungkap, dapat diambil kesimpulan sementara bahwa Seruyan telah menjadi sasaran peredaran narkoba.

Dari sejumlah kasus yang berhasil terungkap, katanya, narkoba jenis sabu-sabu yang akan diedarkan di wilayah Seruyan dipasok dari luar daerah, seperti Kabupaten Kotawaringin Timur.

Bahkan, salah satu pengedar sabu-sabu lintas provinsi yang berhasil ditangkap belum lama ini, katanya, membawa langsung sabu-sabu dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Dia menjelaskan upaya memberantas peredaran narkoba yang tergolong sebagai kejahatan transnational itu, bukan perkara mudah.

Selain kerja keras kepolisian, ujarnya, juga diperlukan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama memeranginya.

"Peran aktif dari masyarakat akan sangat membantu pihak kepolisian untuk memberantas peredaran narkoba di Seruyan, apapun informasi yang disampaikan berkenaan dengan peredaran narkoba ini, akan segera kami tindaklanjuti," katanya.