PKS Kalteng Tawarkan Solusi Polemik KTP-El Kota

id KTP-el palangka raya, PKS Kalteng, Pilkada palangka raya

PKS Kalteng Tawarkan Solusi Polemik KTP-El Kota

Ketua Umum DPW PKS Kalteng Heru Hidayat. (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Umum DPW Partai Keadilan Sejahtera Kalimantan Tengah Heru Hidayat menawarkan sejumlah solusi menyikapi kendala dan lambatnya pencetak kartu tanda penduduk elektronik di Kota Palangka Raya yang menimbulkan polemik.

"Sumber daya manusia yang cukup dan perangkat pendukung perlu dipersiapkan untuk memudahkan proses lanjutan e-KTP perlu karena berkaitan dengan kebutuhan banyak masyarakat," kata Heru di Palangka Raya, Senin.

Dia mengatakan Pemerintah Kota Palangka Raya perlu membentuk tim teknis dengan membagi secara detail tugas dan perannya dalam pelayanan e-KTP kepada banyak masyarakat.

Mantan Anggota DPRD Kalteng ini juga mengusulkan agar memproses masyarakat yang telah melakukan perekaman data melalui tim tersendiri dan terdistribusi secara teratur dengan pelibatan peran lurah dan ketua Rukun Tetangga (RT).

Memproses masyarakat yang telah melakukan perekaman data dengan baik namun tidak tercukupi blanko, maka perlu membuat surat keterangan pengganti identitas dengan tim tersendiri pula dan terdata untuk memudahkan konfirmasi pada saat blanko telah tersedia.

"Bagi yang terkendala proses perekaman data agar di lakukan upaya alternatif lainnya dengan membuat pengaturan waktu, sehingga masyarakat akan mudah ketika saatnya sudah siap untuk perekaman data," bebernya.

Ketua PKS Kalteng ini pun mengingatkan agar semua proses di lakukan secara transparan dan juga informatif kepada masyarakat agar mengantisipasi presepsi negatif dari berbagai pihak yang ada di Kota Palangka Raya ini.

"Permasalahan proses pembuatan e-KTP di Kota Palangka Raya, harus kita lihat secara proposional dan turut mengupayakan bersama solusi alternatif. Jadi kita menawar berbagai solusi tersebut dengan harapan kendala pencetakan e-KTP bisa teratasi," demikian Heru.