Nah! 21 Ribu Warga Barut Belum Perekaman KTP

id Disdukcapil barut, Ledianto, Perekaman KTP

Nah! 21 Ribu Warga Barut Belum Perekaman KTP

Perekaman data KTP Elektronik. (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 21 ribu jiwa penduduk Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk eletronik.

"Ada sekitar 21 ribu penduduk Barito Utara yang melakukan perekaman E KTP dari 104 ribu penduduk wajib memiliki KTP," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Barito Utara, Ledianto di Muara Teweh, Rabu.

Disdukcapil terus mengimbau kepada warga agar segera mengurus dokumen kependudukannya, sehingga pada pelaksanaan Pilkada 2018 nanti bisa menggunakan hak pilihnya.

Menurut Ledianto berdasarkan data yang pihaknya miliki, wilayah terbanyak di Kabupaten Barito Utara yang penduduknya belum melakukan perekaman E KTP justru berada di kota Muara Teweh yaitu, Kecamatan Teweh Tengah dengan perkiraan sebanyak 6.600 jiwa.

Kemudian Kecamatan Teweh Baru di Kelurahan Jingan, padahal untuk jarak kedua daerah ini dekat dengan Disdukcapil Barito Utara.

Pihaknya mengharapkan dalam hal ini Camat, Lurah dan Kades bisa proaktif dalam mengarahkan warganya demi tercapainya target perekaman E KTP sebanyak 21 ribu, sampai dengan akhir tahun 2017 ini.

"Dokumen kependudukan ini sangat penting bagi masyarakat salah satunya sebagai salah satu syarat dalam pengurusan peserta BPJS Kesehatan," katanya.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam rangka percepatan kepengurusan E KTP ini, pihaknya telah melakukan program jemput bola dengan mobil Jempol ke semua wilayah Kecamatan yang ada di daerah ini.

"Kegiatan jemput bola dengan menggunakan mobil jempol dilaksanakan diwilayah Kecamatan Teweh Tengah. Harapan kita masyarakat dapat memanfaatkan kedatangan petugas kita untuk mengurus dokumen kependudukannya," kata Ledianto.

Sementara Camat Teweh Tengah, Hery Jhon Setiawan, sehubungan dengan banyaknya warga Kecamatan Teweh Tengah yang belum melakukan perekaman E KTP, pihaknya merencanakan akan segera mengadakan pertemuan dengan para Kades di kantor Kecamatan.

Dalam pertemuan itu nanti akan dibahas banyak hal, termasuk juga masalah menyangkut perekaman E KTP ini.

"Dokumen kependudukan ini sangat penting. Rencananya pertemuan dengan para Kades akan dilaksanakan dalam minggu depan," kata Heri Jhon.