Ternyata! Pembangunan 7 SD yang Dibakar Butuh Rp7,4 Miliar

id palangka raya, sd terbakar, pembakaran sekolah dasar, Pembangunan 7 SD yang Dibakar Butuh Rp7,4 Miliar, Mofit Saptono Subagio

Ternyata! Pembangunan 7 SD yang Dibakar Butuh Rp7,4 Miliar

Bangunan SDN 1 Langkai Palangka Raya pasca kebakaran yang terjadi Sabtu dini (22/7/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Namun, angka tersebut baru untuk biaya perbaikan dan pembangunan fisik sekolah tersebut. Itu belum termasuk membeli meja dan kursi serta sarana belajar mengajar lain,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya memperkirakan dibutuhkan dana Rp7,437 miliar miliar untuk pembangunan kembali tujuh SDN yang dibakar pelaku kelompok teror di Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah sepanjang Juli 2017.

Kebutuhan dana Rp7,437 miliar ini merupakan nilai perhitungan yang dilakukan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, kata Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio saat memantau SDN- 5 Langkai di Palangka Raya, Rabu.

Pemkot Palangka Raya telah berkoordinasi dengan jajaran legislatif untuk mengkomunikasikan penganggaran pembangunan kembali dan renovasi tujuh sekolah yang dibakar tersebut.

"Namun, angka tersebut baru untuk biaya perbaikan dan pembangunan fisik sekolah tersebut. Itu belum termasuk membeli meja dan kursi serta sarana belajar mengajar lain," kata Mofit.

Baca: Mampukah Pemprov Kalteng Bantu SD Terbakar?

Pemantauan itu sendiri dilakukan untuk melihat proses belajar mengajar siswa di sekolah setempat yang dilakukan menggunakan tenda darurat bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sebelumnya, Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia menginstruksikan pembangunan seluruh sekolah yang terbakar selesai triwulan pertama 2018.

Penganggarannya difokuskan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palangka Raya.

Meski demikian, pihaknya tidak membuka diri jika ada perusahaan atau pihak-pihak lain yang ingin berkontribusi membangun kembali sekolah dasar yang dibakar tersebut.

Kelompok teror di Palangka Raya sepanjang Juli 2017 melakukan aksi pembakaran sekolah dasar negeri masing-masing pada Selasa (4/7) SDN 1 Palangka dan SD Negeri 4 Menteng di Jalan Thamrin, Jumat (21/7) pukul 13.00 WIB disusul SD Negeri 4 Langkai di jalan Ais Nasution Jumat (21/7) pukul 15.00 WIB.

Kemudian di SD Negeri 1 Langkai, terjadi pada Sabtu (22/7) pukul 02.00 WIB dan SD Negeri 5 Langkai di jalan Wahidin Soedirohusodo, Sabtu (22/7) pukul 03.00 WIB.

Tiga kebakaran terakhir terjadi di SDN 8 Palangka Raya pada Sabtu (29/7) sekira pukul 18.10 WIB. Selanjutnya pada Minggu dini hari sekira pukul 03.00 WIB kebakaran kembali melanda SDN 1 Menteng yang mana pada kejadian ini sejumlah ruang sekolah SMK YPSEI Palangka Raya juga terdampak.