Kalteng Sajikan Sayur Umbut Sambut Kedatangan Presiden

id pemprov kalteng, sayur umbut rotan, sambut presiden, kedatangan presiden, presiden ke kalteng

Kalteng Sajikan Sayur Umbut Sambut Kedatangan Presiden

Ilustrasi - Sayur Umbut Rotan (Instagram.com/pky.foodies)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berencana memasak dan menyajikan sayur umbut rotan makanan ciri khas suku Dayak dalam menyambut kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo yang direncanakan 20 September 2017.

Sayur umbut rotan tersebut akan dimasak dengan jumlah yang sangat banyak agar masuk Museum Rekor Republik Indonesia (MURI), kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Sunarti di Palangka Raya, Jumat.

"Ini kita lakukan untuk mengangkat kuliner khas Kalteng ke tingkat nasional. Selama ini kan orang tahu bahwa rotan itu hanya bisa dijadikan kursi dan meja. Padahal di Kalimantan, khususnya Kalteng, menjadi sayuran yang sangat enak dan kaya akan gizi," tambahnya.

Pemprov Kalteng dalam memasukkan sayur umbut rotan ke dalam rekor MURI, rencananya sebanyak 150 pelopor pemasak akan berpartisipasi. Apabila berhasil dan mampu masuk rekor, maka secara tidak langsung akan mengangkat kuliner daerah hingga dikenal di tingkat nasional.

Sunarti mengatakan supaya pemecahan rekor ini sukses, pihaknya bersama unsur terkait lainnya akan memberi pelatihan bagaimana mengolah umbut rotan ini menjadi makanan. Di Pelatihan tersebut akan diikuti dari berbagai unsur, yakni pelaku UMKM khusunya yang bergerak di bidang kuliner, anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten/kota se-Kalteng.

"Pelatihan ini perlu dilakukan karena sayur umbut rotan bisa dijadikan berbagai bentuk olahan makanan. Jadi, nantinya olahan sayur umbut rotan yang dipamerkan tidak hanya satu jenis, namun akan banyak jenis dengan bahan dasar rotan," ucapnya.

Dinas Ketahanan Pangan Kalteng rencananya akan mengadakan pelatihan memasak sayur umbut rotan tersebut tanggal 17 September 2017. Hal itu juga sebagai dilakukan sebagai upaya persiapan menyambut kedatangan Presiden Jokowi pada 20 September 2017.

"Sebetulnya ada beberapa agenda yang telah dipersiapkan Pemprov Kalteng dalam menyambut Presiden Jokowi, tapi yang akan kita perhatikan yakni soal rekor muri ini. Ya, mudah-mudahan lah Presiden positif datang," demikian Sunarti.