DKPP Seruyan Lakukan Optimalisasi Lahan Tanpa Bakar

id DKPP Seruyan, Sugian Noor, lahan tanpa bakar

DKPP Seruyan Lakukan Optimalisasi Lahan Tanpa Bakar

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan, Sugian Noor. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, melakukan optimalisasi lahan pertanian tanpa bakar dengan cara cabut tunggul untuk membantu petani ladang di kabupaten tersebut.

"Optimalisasi lahan dengan cara cabut tunggul ini khusus untuk membantu petani ladang yang saat ini kesulitan membersihkan lahan karena adanya larangan membakar lahan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Sabtu.

Mantan Asisten II Sekretariat Daerah Seruyan ini mengatakan, program optimalisasi lahan pertanian mirip dengan cetak sawah yang diprogramkan oleh pemerintah pusat. Namun bedanya, pada optimalisasi lahan pertanian ini tidak diikuti dengan bantuan sarana produksi pertanian (Saprodi).

"Saat ini program optimalisasi lahan pertanian melalui cabut tunggul sudah terealisasi seluas 20 hektar pada lahan Kelompok Tani Itah Pandohop di Desa Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu," katanya.

Ia menambahkan, kalau memang didukung anggaran, program optimalisasi lahan melalui cabut tunggul akan terus dilakukan khusus untuk petani ladang yang berada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Seruyan Hulu, Kecamatan Seruyan Tengah, Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Suling Tambun.

"Ini juga sebagai salah satu solusi bagi petani ladang yang kesulitan membuka lahan karena adanya larangan membakar lahan," katanya.

Untuk melakukan optimalisasi lahan melalui cabut tunggul di empat kecamatan tersebut, DKPP memerlukan paling tidak empat unit excavator mini serta kebutuhan pertanian lainnya seperti herbisida, handsprayer, bibit, pupuk, kapur, bahan bakar minyak dan insentif operator.

"Program ini akan kita ajukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017, dan kita berharap program ini nanti didukung oleh DPRD," katanya.