Lewis Hamilton Catat Rekor Posisi "Pole" F1 di Sirkuit Monza

id lewis hamilton, formula 1, GP Italia

Lewis Hamilton Catat Rekor Posisi "Pole" F1 di Sirkuit Monza

Pebalap F1 Lewis Hamilton. (f1-grandprix.com)

Monza, Italia (Antara/Reuters) - Juara dunia tiga kali Lewis Hamilton mencatat rekor posisi "pole" Formula 1 sebanyak 69 kali dalam kualifikasi Grand Prix Italia dalam kondisi lintasan yang basah di Monza pada Sabtu.

Pebalap Mercedes itu lebih cepat lebih dari sedetik dari pebalap Red Bull Max Verstappen, pebalap tercepat kedua dalam sesi yang beberapa kali ditunda, yang berakhir lebih dari tiga setengah jam setelah kualifikasi itu dimulai.

Verstappen dan rekan setimnya asal Australia Daniel Ricciardo keduanya mendapat penalti grid, sehingga pebalap pendatang baru asal Kanada Lance Stroll dari tim Williams naik dari posisi keempat start ke barisan depan
   
Sebastian Vettel dari Ferrari akan naik ke posisi keenam sebagai hasil dari penalti-penalti tersebut.

Hamilton, yang tertinggal tujuh angka di bawah pemimpin klasemen kejuaraan Vettel dapat bisa mengambil alih posisi teratas klasemen pada balapan Minggu, sebelumnya menyamai rekor sepanjang masa posisi "pole" 68 kali Michael Schumacher pada akhir pekan lalu di Belgia.

Balapan ini tahun keempat beruntun bagi pebalap Britania Raya itu meraih "pole" di Monza, sirkuit tercepat dalam kalender Formula 1.