Spanyol Taklukkan Italia, Makin Dekat Lolos ke Piala Dunia

id piala dunia, zona eropa, spanyol, italia

Spanyol Taklukkan Italia, Makin Dekat Lolos ke Piala Dunia

Gelandang tim nasional Spanyol, Andres Iniesta. (AFP PHOTO/PASCAL GUYOT)

Jakarta (Antara Kalteng) - Tim sepakbola nasional Spanyol secara gemilang menaklukkan timnas Italia dengan angka telak 3-0 pada pertandingan ke-7 kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol, Minggu pagi waktu Indonesia.

Kemenangan besar 3-0 ini membuat para pemain negeri matador ini selangkah lagi lolos ke Piala Dunia Rusia karena memimpin grup G dengan perolehan 19 poin atau unggul tiga poin dari Italia. Spanyol akan menghadapi Albania, Israel, dan Liechtensten pada tiga laga tersisa fase kualifikasi.

Gol-gol kemenangan Spanyol disumbang gelandang Real Madrid, Isco, yang mencetak dua gol, sedangkan satu gol lagi dicetak penyerang anyar Chelsea, Alvaro Morata,

Di sisi lain, kekalahan ini merupakan yang pertama bagi Italia sepanjang tahun 2017 dan membuat pasukan Gian Piero Ventura hanya berselisih empat poin dari Albania yang menduduki posisi ketiga.

Pada jalannya laga, Spanyol memimpin 1-0 berkat tendangan bebas Isco yang mengantar bola meluncur masuk ke gawang Gianluigi Buffon menyusul pelanggaran Bonucci pada menit 13.

Tendangan mendatar Isco dari umpan Iniesta berbuah gol kedua Spanyol yang dicetak pada menit 40.

Pada pertengahan babak kedua, Álvaro Morata masuk menggantikan Iniesta. Morata langsung menunjukkan ketajamannya dengan menjebol gawang Buffon setelah menerima umpan silang Sergio Ramos dari sayap kanan pada menit 77.

Italia mencoba menguasai bola melalui umpan-umpan pendek, namun para gelandang tidak mampu mengkreasikan umpan-umpan matang menjadi peluang sepanjang pertandingan yang berakhir 3-0 untuk kemenangan Spanyol, demikian laman FIFA.

Susunan pemain

Spanyol: De Gea; Carvajal, Ramos, Pique, Jordi Alba; Busquets, Koke; Silva, Iniesta, Asensio; Isco.
Pelatih: Julen Lopetegui

Italia: Buffon; Darmian, Barzagli, Bonucci, Spinazzola; De Rossi, Verratti; Candreva, Belotti, Immobile, Insigne