DKPPP Barsel Terus Kembangkan Sektor Pertanian

id Barito Selatan, DKPPP Barsel, pertanian, Kembangkan Sektor Pertanian

DKPPP Barsel Terus Kembangkan Sektor Pertanian

Ilustrasi - (FOTO ANTARA/Aguk Sudarmojo)

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Pertanian (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, akan terus mengembangkan sektor pertanian di daerah itu.

"Kita akan terus mengembangkan sektor pertanian secara sistematis terencana, dan tepat sasaran," kata Kepala DKPPP Barito Selatan, Rusdaasoqa, di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, hal tersebut agar sektor pertanian bisa terus tumbuh, sehingga produksinya terus mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya.

"Kita menginginkan kedepannya, hasil sektor pertanian terus berkembang dan produksinya mengalami peningkatan,"ucapnya.

Pihaknya lanjut Rosdaasoqa, akan terus menggenjot pertumbuhan pertanian, baik padi sawah maupun tadah hujan di wilayah setempat.

"Supaya produktifitasnya maksimal, kita membuat perencanaan secara sitematis yang dimulai dari penyediaan bibit, pupuk, pemeliharaan hingga panen," jelasnya.

Ia menambahkan, selain itu, pihaknya juga akan memberikan pelatihan-pelatihan bagi petani lokal mengenai tata cara pengembangan pertanian yang baik serta pemanfaatan luasan lahan yang mereka miliki secara optimal.

"Kita juga terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani lokal dalam pembudidayaan tanaman pangan lainnya seperti jagung dan ubi agar para petani tidak bergantung dari satu jenis tanaman saja,"tambah dia.

Hal tersebut dilakukan agar hasil produktifitas pertaniannya bisa lebih maksimal sehingga kesejahteraan petani akan terus mengalami peningkatan.