Pemkab Kotim Gencar Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah

id Pemkab Kotim, Paulus Segah, Bank Sampah

Pemkab Kotim Gencar Sosialisasi Pengelolaan Bank Sampah

Dinas Lingkungan Hidup Kotim melakukan sosialisasi bank sampah di aula Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Selasa (5/9/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, gencar mensosialisasikan pentingnya pengelolaan bank sampah kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kebersihan lingkungan.

"Saat ini ada beberapa bank sampah di Kotawaringin Timur, tapi perlu kita maksimalkan lagi. Ini harus kita dorong lagi, khususnya masyarakat agar ikut mendukung upaya kebersihan lingkungan," kata Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kualitas pada Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Timur, Paulus Segah saat sosialisasi pengelolaan bank sampah di aula Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Selasa.

Sosialisasi ini dihadiri puluhan peserta dari kalangan tokoh masyarakat, Karang Taruna dan kelompok lainnya. Dua narasumber dihadirkan yakni Adi Chandra dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Pemerintah Kota Surabaya dan Megawati yang merupakan salah satu pengelola bank sampah di Surabaya.

Paulus mengatakan, pengelolaan sampah masih menjadi masalah yang harus dihadapi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Selain meningkatkan fasilitas pengelolaan sampah, hal yang lebih penting adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk turut menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Masyarakat juga diajak untuk memilah sampah karena bisa mendatangkan nilai ekonomis yang lumayan. Selain lingkungan bersih, masyarakat juga bisa mendapatkan nilai ekonomis dari sampah.

"Dinas Lingkungan Hidup juga memprogramkan membangun depo sampah di beberapa lokasi. Jadi nanti di sana sampah dipilah, sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir," kata Paulus.

Camat Mentawa Baru Ketapang, Ahmad Sarwo Oboy mengaku sangat mendukung digalakannya bank sampah. Sosialisasi sangat penting untuk memberi pemahaman kepada masyarakat sehingga ikut mendukung pengelolaan sampah.

"Masyarakat harus tahu bahwa sampah bisa bernilai ekonomis kalau dikelola. Kami akan meminta lurah dan ketua RT juga membantu mensosialisasikan ini kepada masyarakat," kata Oboy.

Kecamatan Mentawa Baru Ketapang mendukung rencana pembuatan depo sampah. Pihak kecamatan sudah menyiapkan lokasi untuk pembangunan depo sampah.

Pengelolaan sampah harus dilakukan secara serius agar lingkungan makin bersih. Ini juga untuk mendukung peningkatan taraf kesehatan masyarakat, upaya kembali meraih piala Adipura dan mendukung tekad menjadikan Sampit menjadi kota wisata.