Brazil Ditahan Imbang Kolumbia

id brazil, kolumbia, piala dunia

Brazil Ditahan Imbang Kolumbia

Pemain Brazil Willian. (chelseafc.com)

Barranquilla (Antara/Reuters) - Brazil ditahan imbang Kolumbia  dengan skor 1-1 pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia, setelah gol tandukan Radamel Falcao di babak kedua membatalkan sepakan setengah voli Willian yang tercipta di babak pertama pada Selasa.

Kolombia masih belum pernah mengalahkan Brazil pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia, namun hasil imbang ini menandai pertama kalinya dalam sepuluh pertandingan kualifikasi di mana pelatih Brazil harus gagal meraih tiga angka.

Brazil telah lolos ke putaran final di Rusia tahun depan, dan hasil ini mempertahankan Kolombia di peringkat kedua dengan dua pertandingan tersisa.
        
Uruguay, yang bermain melawan Paraguay pada Selasa malam, berada di peringkat ketiga, sedangkan Peru mengalahkan Ekuador dengan skor 2-1 untuk naik ke peringkat keempat dan mempertahankan harapan mereka untuk tampil pertama kalinya di Piala Dunia sejak 1982.
        
"Baik hasil maupun penampilannya bagus dan kami layak mendapatkan selamat," kata pemain Brazil Willian kepada para pewarta setelah pertandingan yang dimainkan pada suhu panas di kota pelabuhan.
        
"Kami menciptakan sejumlah peluang namun sulit untuk bermain di sini, lapangannya kering dan bola sangat memantul."
   
Pemain sayap Chelsea itu membawa Brazil unggul menjelang turun minum ketika ia menyambar bola dari Neymar untuk melepaskan sepakan voli spektakuler ke sudut gawang tim tuan rumah.
        
Kolombia menyamakan kedudukan pada 11 menit babak kedua ketika Falcao melompat untuk mengejar umpan silang dari sisi kanan dan menanduk bola menuju gawang.
        
Tendangan bebas James Rodriguez mengenai tiang gawang untuk Kolombia empat menit kemudian, dan Brazil mencoba menekan dengan sejumlah permainan operan yang bagus namun tidak ada satu tim pun yang mampu membukukan gol kemenangan.
        
Brazil, satu-satunya negara yang telah lima kali menjuarai Piala Dunia, memuncaki klasemen grup yang berisi sepuluh tim dan sejauh ini merupakan satu-satunya tim Amerika Selatan yang telah mengamankan tempat di Rusia 2018.  
   
Empat tim teratas akan lolos otomatis ke turnamen akbar itu, sedangkan tim peringkat kelima akan memainkan pertandingan playoff melawan Selandia Baru.
        
Pada pertandingan lain yang dimainkan lebih awal, tim peringkat kedua dari bawah Bolivia mencatatkan kemenangan keempat mereka dari 16 pertandingan kualifikasi ketika mereka menang 1-0 atas Chile berkat penalti Juan Carlos Arce pada babak kedua.
        
Bolivia, yang menduduki posisi kedua dari bawah dengan tidak memiliki peluang untuk pergi ke Rusia, tampil lebih baik pada sebagian besar jalannya pertandingan yang dimainkan di dataran tinggi di La Paz.
        
Kemenangan mereka menyulitkan bagi sang juara Piala Amerika, yang memulai hari dengan menduduki peringkat keempat namun kini kelihatannya berpeluang tersisih.
        
Chile akan bermain melawan Ekuador di kandang sendiri dan Brazil pada dua pertandingan terakhir kualifikasi bulan depan.