Ribuan Polisi Amankan Unjuk Rasa di Kedubes Myanmar

id Kedubes Myanmar, demo Kedubes Myanmar, Rohingya, Ribuan Polisi Amankan Unjuk Rasa di Kedubes Myanmar

Ribuan Polisi Amankan Unjuk Rasa di Kedubes Myanmar

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Muslim Bersama Umat (AMMBU) mengelar aksi solidaritas untuk warga Rohingya di Bundaran SIB Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/9). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Jakarta (Antara Kalteng) - Ribuan polisi turut mengamankan aksi unjuk rasa di Kedutaan Besar Myanmar, Jakarta, Rabu. Aksi unjuk rasa ini mengecam krisis kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya.

"Ribuan personel gabungan diturunkan untuk mengamankan demonstrasi mulai dari tempat, jalan dan sebagainya kita amankan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di kawasan Kedubes Myanmar, Jakarta, Rabu.

Argo mengatakan pengamanan dilakukan agar unjuk rasa berlangsung tertib dan jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadi kerusuhan.

Berdasarkan pantauan, ratusan unsur massa memenuhi jalanan sekitar Jalan Agus Salim, area Kedubes Myanmar di Jakarta.

Salah satu tuntutan massa, mereka mendesak pengusiran Duta Besar Myanmar untuk Indonesia sebagai bagian dari tekanan agar pemerintah negara tersebut menghentikan pemusnahan massal dan intimidasi kepada etnis Rohingya di Myanmar.

Sementara itu di sepanjang Jalan Agus Salim, Jalan Yusuf Adiwijaya dan Jalan Irian di Jakarta Pusat ditutup dengan pagar berduri dan di sejumlah titik penting dijaga oleh polisi.

Nampak sejumlah unsur massa dari Front Pembela Islam, Alumni 212, Gerakan Pekerja Muslim Indonesia dan lainnya. Mereka melakukan orasi di depan Kedubes Myanmar yang dijaga polisi berikut fasilitas antihuru-hara seperti kendaraan taktis, mobil barakuda, sepeda motor, tameng dan perlengkapan lainnya.

Atas penutupan sejumlah jalan di ibu kota, Argo meminta masyarakat untuk mencari jalan alternatif lain meski awalnya berencana lewat di jalan sekitar Kedubes Myanmar.