DKPP Seruyan Salurkan Bantuan 104 Alsintan

id DKPP Seruyan, Sugian Noor, Bantuan Alsintan

DKPP Seruyan Salurkan Bantuan 104 Alsintan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Sugian Noor. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, akan menyalurkan bantuan 104 unit alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani untuk meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Kamis, mengatakan, bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, serta dari dana aspirasi Anggota DPR RI Dapil Kalteng Hamdani.

"Bantuan itu disalurkan sebagai upaya pemerintah untuk mendorong produksi pertanian serta luas tanam padi sawah dan ladang," katanya.

Mantan Asisten II Sekretariat Daerah Seruyan ini menyebutkan, bantuan alsintan yang akan disalurkan kepada sejumlah kelompok tani di sembilan kecamatan terdiri dari 41 unit traktor roda dua, dua traktor roda empat, 48 unit pompa air, sembilan semprot tangan (hand sprayer), dan empat unit mesin tanam bibit padi (transplanter).

"Bantuan alsintan itu rencananya akan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat kunjungan kerja ke Seruyan pekan depan," katanya.

Ia menambahkan, selama dua tahun terakhir, Pemkab Seruyan telah menyalurkan bantuan sekitar 750 unit alat pertanian kepada petani yang berasal dari APBD dan APBN.

"Petani penerima bantuan alsintan hendaknya dapat menjaga dan merawat bantuan pemerintah, terutama yang berupa peralatan agar tahan lama dan dapat digunakan untuk jangka panjang," katanya.

Selain dituntut memaksimalkan bantuan pemerintah, untuk mencapai ketahanan pangan berkelanjutan, para petani harus benar-benar menjalankan program pertanian dengan penuh komitmen, terutama untuk pemenuhan target produksi serta luas tanam.

Kemudian, untuk mewujudkan Seruyan sebagai lumbung produksi pertanian, maka aktivitas pertanian harus mendapat dukungan dari seluruh sektor terkait yang ada di Seruyan.

"Pembangunan pertanian harus terus maksimal, untuk itu ke depan diharapkan ada koordinasi yang baik antarinstansi sehingga ada kesepahaman dan sinergi dalam membangun pertanian di Seruyan," katanya.