Anggota Polres Barito Utara Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

id Polres Barut, pemeriksaan kesehatan, AKBP Tato Pamungkas Suyono

Anggota Polres Barito Utara Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

Anggota Polres Barito Utara menjalani pemeriksaan kesehatan di Mapolres setempat di Muara Teweh, Kamis (7/9). (Foto Humas Polres Barito Utara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Sebanyak 95 personil Polres Barito Utara, mengikuti pemeriksaan kesehatan berkala yang dilaksanakan Biddokkes Polda Kalimantan Tengah guna mengantisipasi dini terhadap penyakit maupun gejala penyakit di tubuh personil anggota Polri.  

"Pemeriksaan kesehatan ini agar anggota polri mengetahui tentang kondisi kesehatan tubuhnya, apakah dalam keadaan baik, kurang baik atau buruk," kata Kapolres Barito Utara (Barut) AKBP Tato Pamungkas Suyono melalui Wakil Kepala Polres Kompol Novianto Tarjono di Muara Teweh, Jumat. 

 Menurut Novianto hasil pemeriksaan kesehatan ini untuk perbaikan sehingga anggota bisa optimal dalam melaksankan tugas di lapangan. Dalam pemeriksaan kesehatan ini, juga melibatkan personil yang ada di kantor Polsek-Polsek yang ada di daerah ini. Terhadap anggota yang berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya penyakit atau gejala penyakit, maka dalam hal ini akan dirujuk untuk berobat ke rumah sakit Bhayangkara Palangka Raya, untuk dilakukan perawatan. 

 "Kalau bisa dirawat jauh maka dilakukan rawat jauh, namun jika misalkan dalam hal ini memang harus rawat inap, maka dirawat inap," kata Novianto. 

 Sementara pimpinan Tim Pemeriksaan Kesehatan Berkala Biddokkes Polda Kalteng, Ipda Pangat mengatakan, bahwa tim pemeriksa kesehatan yang diturunkan dalam kegiatan ini berjumlah sebanyak 10 orang, terdiri dari tenaga dokter, perawat, laboratorium dan tenaga rongen. 

 Dalam kegiatan rutin ini, dilakukan pemeriksaan laboratorium, tekanan darah, berat badan, persen lemak tubuh, rongent dan rekam jantung. Pelaksanaan kegiatan ini satu hari. Sempelnya nantinya akan dikirim ke Palangka Raya dan akan direkap dan akan dikirim secepatnya ke personil bersangkutan. 

 "Selain untuk mengetahui penyakit, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini salah satu gunanya untuk persiapan personil ketika mau melaksanakan kegiatan atau pendidikan pengembangan," ujarnya.