Selasa, 17 Oktober 2017

Riban Satia Minta ASN Tingkatkan Kepekaan Isu Daerah

id Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Riban Satia
Riban Satia Minta ASN Tingkatkan Kepekaan Isu Daerah
Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Dr HM Riban Satia, saat memberi materi pada peserta Diklatpim IV di Palangka Raya, Selasa (12/9). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Riban Satia meminta aparatur sipil negara (ASN) di kota setempat semakin peka terhadap perkembangan isu daerah.

"Semakin peka ASN terhadap perkembangan isu daerah, maka diharapkan pula kualitas pelayanan terhadap masyarakat semakin meningkat," katanya saat memberi materi pada peserta Diklatpim IV di Palangka Raya, Selasa.

Dalam materinya, dia mencontohkan beberapa isu strategis yang perlu menjadi perhatian bersama seperti isu ekonomi, hukum, sosial budaya, pendidikan dan kesehatan.

Riban mengatakan dari sekian isu yang ada, setiap ASN harus mampu melakukan inventarisasi setiap masalah, terutama yang menjadi tanggung jawab dalam pekerjaannya.

"Inventarisasi dan pemahaman terhadap suatu masalah perlu adanya referensi dari berbagai sumber yang mana tak akan didapat jika tak pernah turun lapangan," katanya di hadapan 80 peserta diklat.

Untuk itu, dia meminta kepada para ASN khususnya yang mengikuti diklat tersebut aktif mencari informasi di lapangan dan tak hanya membaca dan menerima laporan dari atas meja.

"Sehingga data yang diperoleh akan sahih. Dengan demikian, maka inventarisasi solusi terhadap setiap permasalahan akan semakin mudah," katanya.

Melalui diklat tersebut, Wali Kota Palangka Raya dua periode itu pun berharap seluruh peserta mampu menghadapi tugas dan tantangan dalam pelaksanaan pekerjaan dan pelayanan terhadap masyarakat.

"Di samping kemampuan yang mumpuni, seorang aparatur dituntut bersikap dan berperilaku baik kepada masyarakat. Kemampuan itu menjadi alat ukur dalam menjalankan tugas sebagai aparatur negara. Analisis masalah lulusan diklat ini juga harus lebih tajam dari pimpinannya," katanya.

Editor: Admin Kalteng

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga