Ini Alasan Polda Kalteng Lakukan Simulasi Pengamanan di 5 Lokasi

id Latihan Pengamanan Pilkada, Pilkada 2018, AKBP Pambudi Rahayu

Ini Alasan Polda Kalteng Lakukan Simulasi Pengamanan di 5 Lokasi

Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu. (Foto Antara Kalteng/M Tedy)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah beberapa hari ini gencar melakukan simulasi pengamanan unjukrasa di lima titik yang berada di wilayah hukum Polres Palangka Raya.

Lima lokasi yang menjadi latihan aparat pihak Polda dan Polres setempat adalah Markas Mapolda Kalteng, Rumah Jabatan Gubernur, Kantor Komisi Pemilihan Umum Kalteng, kawasan Bandara dan yang terakhir di depan kantor DPRD Kota setempat.

"Alasannya para pengunjuk rasa sering sekali mendatangi tempat-tempat tersebut ketika melakukan aksi unjuk rasa dalam jumlah banyak. Apalagi massa yang tidak terima dengan hasil Pilkada serentak yang nantinya akan dilaksanakan di wilayah Kalteng," kata Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu, Rabu.

Pambudi mengatakan, tujuan latihan ini juga yang melibatkan 1000 personil aparat kepolisian, bermaksud untuk memperdalam dan memperkuat sistem pengamanan yang selama ini dimiliki pihak kepolisian dalam penganan pengamanan.

"Di sini kita melihat bagaimana kekuatan anggota apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi saat pilkada nantinya," katanya.

Perwira melati dua itu menilai kekuatan personilnya sudah cukup bagus. Tetapi pihaknya tidak mau puas di situ saja dengan hasil yang sudah dilakukan selama ini.

"Latihan akan kembali dilakukan ketika jelang hari H. Apalagi penggunaan alat untuk membubarkan massa serta alat kendaraan yang akan dilibatkan sudah sangat dikuasai oleh personil kita," bebernya.