Kalteng Tuan Rumah Temu Karya Nasional 2018

id Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan, Temu Karya Nasional 2018

Kalteng Tuan Rumah Temu Karya Nasional 2018

Kadisbudpar Kalimantan Tengah, Guntur Talajan. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Provinsi Kalimantan Tengah telah ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia ke-17 pada tahun 2018 mendatang.

"Telah disepakati dan ditetapkan bahwa pada 2018 nanti Kalteng akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Temu Karya Taman Budaya, Pameran, Karnaval Budaya tingkat nasional," kata Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan saat dikonfirmasi melalui pesan singkat yang diterima di Palangka Raya, Rabu.

Dia menerangkan, penetapan Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" sebagai tuan rumah Temu Karya Budaya 2018 tersebut dilaksanakan dalam rapat nasional kepala Taman Budaya se-Indonesia, yang dipimpin Direktur Kesenian Kemendikbud RI, di Ambon.

Kabar gembira tersebut oleh pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kalteng ini juga telah disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran.

Sementara itu, pada acara Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia ke-16 tahun 2017 yang berlangsung di Kota Ambon, Maluku, tim kesenian dari UPT Taman Budaya Kalteng juga ikut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng melalui UPT Taman Budaya turut mengirimkan tim keseniannya. Salah satunya, tim kesenian Kalteng mengikuti pawai budaya di acara tersebut.

Selain pawai, tim kesenian Kalteng juga menampilkan tari tradisi dan tari pedalaman serta berpartisipasi ikut pameran besar seni rupa.

Perhelatan ini merupakan agenda rutin tahunan dari taman budaya se-Indonesia yang bekerja sama dengan Kemendikbud Republik Indonesia dan Galeri Nasional Indonesia serta sebagai ajang pertemuan semua kepala taman budaya se Indonesia.

Acara yang dibuka Gubernur Maluku, Said Assagaff di pelataran Taman Budaya Maluku di Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Selasa (12/9) malam tersebut diikuti sebanyak 26 Taman Budaya di tanah air.