Dibuka Seleksi Jabatan Sekretaris Daerah Kotim, Ayo Ikut!

id BKD kotim, sekda kotim

Kepala Badan Kepegawaian Kotawaringin Timur, Alang Arianto. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, membuka pendaftaran seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama, sekretaris daerah, mulai 18 September hingga 2 Oktober 2017.

"Peserta dari luar daerah pun bisa mendaftar asalkan memenuhi syarat. Salah satunya, izin dari kepala daerah," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur Alang Arianto di Sampit, Jumat.

Ia menyebutkan panitia seleksinya ada lima orang, semuanya orang luar Pemkab Kotawaringin Timur.

Panitia seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, diketuai Putu Sudarsana yang merupakan mantan Sekda Kotawaringin Timur. Empat anggota panitia seleksi, yaitu Syahrin Daulay, Sonedi, Suhaimi, dan Saidina Aliansyah

Syahrin Daulay, mantan Sekda Kalteng yang saat ini mengabdi di Badan Pengembangan Sumber Daya Aparatur Provinsi Kalteng, Sonedi adalah Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Saidina Aliansyah merupakan Inspektur Provinsi Kalteng, dan Suhaimi yang merupakan mantan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin.

Penetapan tim seleksi ini sudah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara. Seleksi terbuka bisa dilakukan jika peserta yang mendaftar minimal empat orang.

Tahapan seleksi, yaitu masa pendaftaran pada tanggal 18 September hingga 2 Oktober; penerimaan berkas 18 September hingga 3 Oktober; seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak peserta seleksi hingga 5 Oktober; pengumuman hasil seleksi administrasi 6 Oktober.

Selanjutnya, penyerahan makalah visi dan misi pada tanggal 9 s.d. 11 Oktober; seleksi kompetensi manajerial pada tanggal 12 s.d. 13 Oktober; seleksi kompetensi bidang, yakni paparan makalah dan wawancara pada tanggal 17 dan 18 Oktober; penetapan hasil akhir oleh panitia seleksi pada tanggal 20 Oktober; pengumuman hasil akhir seleksi oleh panitia seleksi pada tanggal 21 Oktober.

Calon peserta seleksi berusia maksimal 56 tahun dan sudah menduduki minimal dua kali jabatan eselon II B.

Hampir semua pimpinan satuan organisasi perangkat daerah di Kotawaringin Timur memenuhi syarat kepangkatan untuk mengikuti seleksi. Namun, ada beberapa yang terkendala usia hendak memasuki pensiun dan belum mengikuti sertifikat Diklatpim II.

Beberapa pejabat Kotawaringin Timur yang memenuhi syarat kepangkatan untuk mengikuti seleksi, di antaranya Halikinnor, Hanif Budinugroho, Sutaman, I Made Dikantara, Bima Ekawardhana, H. Sanggul Lumban Gaol, Jakatan, Heriyanto, Fajrurrahman, Marjuki, dan Suparmadi.

"Waktu pendaftaran cukup lama, mudah-mudahan banyak mendaftar supaya jangan sampai diperpanjang lagi. Nanti panitia seleksi memilih tiga nama, kemudian dikoordinasikan dengan gubernur dan Komisi ASN, baru diserahkan kepada bupati. Nanti bupati yang memilih satu di antaranya," kata Alang.

Saat ini jabatan sekda dipercayakan kepada Halikinnor sebagai pelaksana tugas sekretaris daerah. Serah terima jabatan dengan pejabat lama, yaitu Putu Sudarsana pada tanggal 3 Juli lalu.

Alang menegaskan bahwa Badan Kepegawaian Daerah hanya memfasilitasi. Namun, tidak terlibat dalam seleksi. Seluruh tahapan seleksi dilaksanakan secara transparan oleh panitia seleksi.


Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar