Kesbangpol Sosialisasi Pilkada Serentak 2018

id Kesbangpol Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Pilkada Serentak 2018

Kesbangpol Sosialisasi Pilkada Serentak 2018

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, saat membuka acara sosialisasi dukungan Pilkada serentak di Palangka Raya, Selasa (19/9/17). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Artinya kalau masyarakat antusias mengikuti pemilu dan persentase kepesertaan masyarakat dalam menggunakan hak suaranya tinggi maka pelaksanaan pemilu semakin baik dan berkualitas,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, usai membuka acara sosialisasi di salah satu hotel di Palangka Raya, Selasa mengatakan, jumlah partisipasi masyarakat dalam pemilu merupakan indikator kesuksesan pelaksanaan Pilkada.

"Artinya kalau masyarakat antusias mengikuti pemilu dan persentase kepesertaan masyarakat dalam menggunakan hak suaranya tinggi maka pelaksanaan pemilu semakin baik dan berkualitas," katanya.

Dia mengatakan, kesuksesan pelaksanaan Pilkada tak cukup jika diserahkan kepada penyelenggara, maka peran aktif masyarakat seperti dari tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas serta berbagai elemen masyarakat lainnya juga diperlukan.

"Selanjutnya Panwaslu juga untuk melakukan pengawasan dengan baik dan maksimal terhadap seluruh proses pelaksanaan pemilu sehingga tingkat kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada dapat ditekan," katanya.

Hal itu karena, lanjut dia, sampai saat ini pada setiap pelaksanaan Pilkada masih banyak titik-titik kritis yang dapat mengundang atau mendorong seseorang untuk melakukan perbuatan tidak bertanggung jawab.

"Untuk itu, titik-titik kritis yang mengundang untuk orang untuk berbuat tidak baik ini harus ditutup oleh semua pihak. Sehingga keadilan dan kejujuran dalam Pilkada semakin terjaga," katanya.

Melalui sosialisasi, Mofit berharap para peserta dapat menyebarkan informasi yang diterima kepada masyarakat luas minimal di sekitar lingkungan tempat tinggal dan komunitasnya.

Sementara itu, penanggung jawab pelaksana sosialisasi, Aston Pakpahan menerangkan, sosialisasi ini diikuti oleh berbagai pihak baik dari unsur pemerintah, organisasi masyarakat termasuk para pengurus partai politik.

Turut sebagai pemateri ialah Kepala Kesbangpol Palangka Raya, Januminro, Ketua KPU Palangka Raya, Eko Riyadi dan Ketua Panwaslu Palangka Raya, Endrawati.