Barito Selatan Bentuk Kelompok Desa Sadar Wisata

id Pemkab barsel, Raden Sudarto, Desa Sadar Wisata

Barito Selatan Bentuk Kelompok Desa Sadar Wisata

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Barsel, H. Raden Sudarto. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan membentuk kelompok desa sadar wisata di wilayah setempat.

"Kita berencana akan membentuk kelompok Desa Sadar Wisata di wilayah Barito Selatan ini," kata kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Barito Selatan, Raden Sudarto, di Buntok, Jumat.

Kelompok desa sadar wisata tersebut lanjut dia, akan dibentuk pihaknya pada sejumlah desa-desa yang memiliki lokasi wisata yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini.

"Seperti di Desa Sanggu, dan Danau Sadar Kecamatan Dusun Selatan, Desa Palurejo, Kecamatan Gunung Bintang Awai,"ucap Raden Sudarto yang dikenal dengan panggilan akrabnya H Alek itu.

Ia mengatakan, kelompok tersebut akan dibuat struktur organisasinya sehingga mereka nantinya yang akan mengelola tempat wisata yang ada di desanya masing-masing.

"Setelah kelompok tersebut terbentuk, kita nantinya akan melakukan pembinaan, agar mereka bisa mengelola tempat pariwisata"tambah dia.

Selain itu kata dia, pihaknya akan bekerjasama dengan Kepala Desa, dan diharapkan kepala desa bisa membantu pihaknya dalam mengelola lokasi-lokasi wisata di desanya masing-masing.

"Termasuk dalam hal kebersihan, dan kenyamanan para pengunjung pada objek wisata tersebut,"ujarnya.

Ia berharap dengan terbentuknya kelompok desa sadar wisata tersebut, pariwisata di wilayah setempat akan terus maju, dan berkembang, karena dengan majunya sektor pariwisata akan berimbas pada meningkatnya pendapatan masyarakat.

"Disamping itu juga dari sektor tersebut akan bisa menambah bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Barito Selatan," demikian Raden Sudarto.