Ratusan Peragawati Meriahkan Pekan Muharam di Sampit

id wakil Bupati HM Taufiq Mukri, Peragawati Meriahkan Pekan Muharam di Sampit, peragawati muslim, parade muslim, Citimall Sampit

Ratusan Peragawati Meriahkan Pekan Muharam di Sampit

Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri (baju hijau) ikut tampil dalam parade busana muslim memeriahkan Pekan Muharam 1439 Hijriah di Sampit, Sabtu (23/9/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Ratusan peragawati tampil dalam parade busana muslim memeriahkan Pekan Muharam 1439 Hijriyah di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini karena bagus untuk syiar Islam, khususnya kepada generasi muda. Saya berharap panitia lebih kreatif sehingga anak muda makin tertarik ikut kegiatan seperti ini sehingga terhindar dari kegiatan yang bertentangan dengan kaidah Islam," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri di Sampit, Sabtu.

Lebih 200 peragawati mengikuti parade busana muslim yang dilaksanakan di Citimall Sampit. Mereka berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, kelompok pengajian, organisasi perempuan.

Kegiatan ini mendapat sambutan antusias masyarakat yang memadati tempat acara. Suasana makin meriah ketika Taufiq Mukri bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur H Samsudin dan beberapa pejabat lain juga tampil menjadi peserta parade busana muslim.

"Banyak manfaat dari kegiatan seperti ini, di antaranya memperkuat kebersamaan dan silaturahmi. Suasana agamis diharapkan dapat memotivasi kita memperbaiki diri dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat," kata Taufiq.

Pekan Muharam 1439 Hijriyah digelar oleh Panitia Hari Besar Islam Kabupaten Kotawaringin Timur, didukung pemerintah daerah. Selain parade busana muslim, kegiatan lainnya yang digelar yaitu lomba tartil Al Quran tingkat pelajar sekolah dasar, lomba da`i pelajar dan remaja serta lomba pembacaan syair maulid al habsyi untuk perempuan.

"Kami ingin ada sesuatu yang baru dalam peringatan tahun baru Islam. Kami berharap ini menjadi syiar Islam dan menjadi toluk ukur bahwa kita harus berubah lebih baik," kata Ketua Seksi Lomba, Utari Riambarwati.

Pekan Muharam 1439 Hijriah akan ditutup dengan lomba lampion dan pawai obor pada Jumat (29/9) malam. Pemberangkatan peserta lomba dilaksanakan setelah Shalat Isya di depan rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur di Jalan Achmad Yani Sampit.

Lomba ini disambut antusias masyarakat, terlihat dari mulai banyaknya peserta yang mendaftar. Panitia menyiapkan hadiah dengan total Rp75 juta bagi kelompok dengan penampilan terbaik.