Jemaah Haji Kalteng Kloter Terakhir Tiba

id jemaah haji, kloter terakhir, palangka raya

Jemaah Haji Kalteng Kloter Terakhir Tiba

Jamaah haji asal Kalimantan Tengah yang tergabung dalam tiba di Asrama Haji Al Mabrur, Palangka Raya. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Jemaah haji asal Kalimantan Tengah kloter 15 yang menjadi rombongan terakhir dari area pemberangkatan haji embarkasi antara Palangka Raya, pada Selasa tiba dengan keadaan selamat.

"Kecuali satu jemaah asal Kota Palangka Raya yang meninggal di Arab Saudi, seluruh jemaah yang tergabung dalam kloter 12 atau kloter terakhir dari Kalteng telah kembali dengan selamat," kata Kepala Bidang Kesehatan PPHD Kalteng, Solihin di Palangka Raya, Selasa.

Namun demikian, dari total 322 jemaah kloter 10 yang tiba di asrama haji di Palangka Raya dua diantaranya sempat menjalani observasi di klinik debarkasi.

Keduanya yakni Sumarsum Bin Wiryodiarjo (71) asal Kabupaten Kotawaringin Barat karena menderita penyakit paru obstruktid kronis dan jamaah lainnya bernama Marzuki Akik bin Idjam Akik (71) asal Kota Palangka Raya dengan riwayat penyakit stroke, DM dan Hipertensi.

Rombongan pada kloter 12 ini sendiri terdiri dari jemaah asal Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, TPIHD Provinsi Kalteng dan Petugas Kloter.

Pihaknya pun mencatat selama musim haji 2017, dari total jemaah asal Kalteng sebanyak 1.619 orang termasuk petugas, empat jemaah di antaranya dinyatakan meninggal di Arab Saudi dan satu lainnya meninggal di Rumah Sakit Doris Sulfanus, Palangka Raya, usai mendapat perawatan usai tiba di asrama haji embarkasi antara.

Pihaknya pun mengimbau para jemaah haji yang telah kembali ke rumah diimbau tetap menjaga kesehatan. Jemaah juga diminta segera memeriksakan diri dan membawa kartu kesehatan haji saat mengalami gangguan kesehatan terlebih jika terjadi dalam waktu 14 hari sejak kepulangan dari Arab Saudi.