Barut Gelar Seminar Bisnis Pelayanan Pengembangan UMKM

id Sekretaris Daerah Barut, Jainal Abidin, Pengembangan UMKM

Barut Gelar Seminar Bisnis Pelayanan Pengembangan UMKM

Sekda Barito Utara, H Jainal Abidin saat membuka kegiatan seminar Business Development Services di gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Muara Teweh Kabupaten Barito Utara menggelar seminar bisnis "development service" atau pelayanan pengembangan bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan usaha kecil dan menengah yang ada di daerah setempat.

"UKM merupakan sebagai bagian integral ekonomi kerakyatan, dan penggerak perekonomian Indonesia serta mempunyai kedudukan, peran dan potensi strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional agar dapat semakin seimbang, berkembang dan berkeadilan," kata Sekretaris Daerah Barut, Jainal Abidin di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Jainal, sesuai Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 telah mengamanatkan bahwa pemberdayaan UKM perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal dan berkesinambungan melalui pengembangan iklim yang kondusif, dukungan, perlindungan pemberian kesempatan berusaha seluas-luasnya.

Sehingga mampu meningkatkan kedudukan, peran dan potensi UKM dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu Pemkab Barito Utara melalui Perda Nomor 7 tahun 2014 memandang bahwa koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Barito Utara sebagai pelaku usaha yang memiliki arti penting dan strategis dalam menopang ketahanan ekonomi masyarakat serta sebaga wahana penciptaan lapangan kerja.

"Sehingga para pelaku usaha ini harus ditangani secara serius dengan pembeerdayaan dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM), berkemampuan, permodalan, profesional dalam manajemen, memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu berkompetisi," katanya.

Jainal mengatakan seminar bisnis development services ini, merupakan salah satu program nasional yang digagas oleh Direktorat Jendral Pajak diseluruh wilayah Indonesia.

Hal ini merupakan sebuah bentuk kepedulian agar para pengusaha UKM dapat lebih maju dan nantinya agar bisa memberikan dampak kepada pertumbuhan ekonomi diwilayah yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif kepada penerimaan pajak dan juga sektor perbankan.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada KPP Pratama Muara Teweh beserta seluruh jajarannya, Bank Kalteng dan Bank Rakyat Indonesia yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan UKM yang handal dan mandiri demi kemajuan perekonomian di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini," kata Jainal.