KPU Barito Utara Sosialisasi Tahapan Pilkada 2018

id KPU barut, Alamsyah, pilkada barut, pilkada 2018

KPU Barito Utara Sosialisasi Tahapan Pilkada 2018

KPU Barito Utara melaksanakan sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupti dan Wakil Bupati setempat di Muara Teweh, Kamis. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak yang pelaksanaannya pada tanggal 27 Juni 2018.

"Dalam sosialisasi ini, akan membahas mengenai program, tahapan, jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Utara Alamsyah di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Alamsyah, hal itu sesuai dengan peraturan KPU tahun 2017 yang merupakan tindak lanjut dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KPU juga telah mempunyai 11 peraturan pada tingkat pusat mengenai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Untuk sosialisasi tahapan program dan jadwal penyelenggaraan, kata dia, tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017.

"Kita berkeinginan dengan dengan pelaksanaan sosialisasi ini semua elemen masyarakat dari tingkat atas hingga bawah dapat mengetahuinya," katanya.

Sosialisasi tersebut, kata dia, merupakan rangkaian kegiatan dalam menghadapi pilkada serentak tahun depan.

Sebelumnya, telah dilaksanakan sosialiasi untuk pemilih pada tingkat pemula, tingkat keagamaan, kecamatan, dan sosialisasi lainnya.

Adapun sasaran sosialisasi tersebut adalah pemangku kepentingan yang terkait dengan pemilihan kepala daerah agar dapat mengetahui dan menyosialisasikan serta memberikan informasi pada tingkat masing-masing.

Ia mengatakan bahwa partai politik yang berperan banyak dengan kewenangan dan kawajiban untuk menentukan kesuksesan pemilu ini.

"Tentunya pada sosialiasasi ini, kami akan banyak memberikan informasi tentang peran partai politik pada pilkada kali ini," katanya.

Alamsyah mengharapkan Polres Barito Utara dan Kodim 1013 Muara Teweh untuk dapat bekerja sama dalam hal pengamanan, kelancaran tahapan pemilih, dan pemutakhiran data pemilih.

"Petugas kami akan datang ke desa-desa dan kelurahan serta setiap komponen pemilih untuk melaksanaan pendataan dan pemutakhiran data pemilih ini," ujarnya.

KPU juga nantinya akan banyak berkoordinasi dengan camat serta lurah untuk kelancaran pelaksanaan pemutakhiran data pemilih.

Tahapan jadwal ini juga akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2017, bertepatan dengan awal tahapan jadwal pemilihan anggota DPR, DPRD dan presiden.

Pada tanggal 3 Oktober 2017, kata dia, sudah dimulai pendaftaran partai politik pada tingkat pusat.

"Kami juga berterima kasih kepada Bupati Barito Utara yang telah memberikan motivasi serta dorongan untuk dapat bekerja secara mandiri dan tanpa memihak dalam melaksanakan pemilihan kepala daerah ini," demikian Alamsyah.