40 Kasek di Gunung Mas Mengikuti Diklat Manajemen

id dikbud gumas, diklat pendidikan dasar, martono

40 Kasek di Gunung Mas Mengikuti Diklat Manajemen

Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Dikbud Kabupaten Gumas, Martono saat membuka kegiatan Diklat di Aula HotelLising Kuala Kurun, Kamis sore (28/9/17). (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) – Sebanyak 40 kepala sekolah (Kasek) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengikuti kegiatan diklat manajemen kasek jenjang pendidikan dasar di Kuala Kurun, Kamis.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Dikbud) Kabupaten Gumas, Agung diwakili Kepala bidang (Kabid) Pembinaan ketenagaan, Martono.

Ia menyampaikan, salah satu standar penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah adalah standar pendidikan dan tenaga kependidikan. Artinya, kepala sekolah memiliki peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme, dan mutu pendidikan di sekolah.

Selain itu, iklim, suasana, dan dinamika sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar maupun kerja sama, sehingga masing-masing peserta didik memiliki kesempatan yang optimal mengembangkan potensi diri.

“Untuk itu saya mengajak kepada peserta diklat agar mengikuti kegiatan dengan serius dan sungguh-sungguh melalui materi yang disampaikan oleh narasumber,” tandasnya.

Ia mengharapkan, nantinya peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menerapkan ilmu yang didapatkan untuk dipraktikan di sekolahnya masing-masing.

Sementara itu Ketua panitia pelaksana kegiatan, Manyang mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada kepala sekolah mengenai manajemen di sekolah yang dipimpin. Di samping itu, juga agar memahami tugas dan fungsinya sebagai manajer untuk memajukan sekolah.

"Juga untuk membekali kepala sekolah dalam meningkatkan karier, kompetensi, dan profesionalisme GTK," katanya.

Kegiatan yang mendatangkan narasumber dari LPMP Provinsi Kalteng itu dihadiri pejabat eselon III, dan IV di lingkup Dinas Dikbud Gumas, serta Pengawas SMP.