Disbudpar Kotim Optimistis Capai Target Peningkatan Wisatawan

id Disbudpar Kotim, Fajrurrahman, Wisatawan

Disbudpar Kotim Optimistis Capai Target Peningkatan Wisatawan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur, Fajrurrahman. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur, Kalteng, optimistis bisa mencapai jumlah wisatawan yang berkunjung ke kabupaten ini sesuai target dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

"Tahun ini yang tercatat saja 75.000 orang, itu belum termasuk di tempat-tempat yang dikelola pihak swasta. Kalau target 500.000 wisatawan dalam lima tahun, kami yakin itu bisa tercapai," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur, Fajrurrahman di Sampit, Jumat.

Saat ini objek wisata yang menjadi andalan Kotawaringin Timur adalah Pantai Ujung Pandaran yang terletak di Kecamatan Teluk Sampit. Saat akhir pekan atau libur nasional, pantai yang berjarak sekitar 85 kilometer dari Sampit itu selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi kini makin banyak investor yang membangun penginapan dan menyediakan wahana permainan air.

Di kawasan kota Sampit, terdapat objek wisata ikon daerah Patung Jelawat dan wahana permainan air yakni Sampit Water Park. Selain itu terdapat wisata belanja, kuliner dan tempat hiburan di beberapa lokasi.

Di kawasan kota juga terdapat wisata alam yakni susur Sungai Mentaya dan ekowisata Sagonta Kota. Saat ini juga mulai dikerjakan pembuatan Kebun Raya Sampit yang digadang-gadang menjadi kebun raya terbesar di Indonesia.

Selain objek wisata, Kotawaringin Timur juga memiliki event tetap pariwisata seperti manduy safar, mampakanan sahur dan mamapas lewu, simah laut, Festival Habaring Hurung, Sampit Expo, Sampit Karnaval, pawai lampion dan obor serta lainnya.

"Kami berpendapat, destinasi wisata itu bukan hanya objek wisata, tetapi juga event wisata. Selain event-event yang sudah ada, kami juga menyiapkan event lainnya seperti festival lampion, layang-layang, fashion dan lainnya," kata Fajrurrahman.

Upaya pemerintah mengembangkan sektor pariwisata, mulai dirasakan dampak positifnya terhadap perekonomian masyarakat. Pengusaha pun kini makin ramai berinvestasi di berbagai bidang berkaitan dengan pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bertekad menjadikan Sampit sebagai kota tujuan wisata dan telah mencanangkan tahun ini sebagai tahun kunjungan wisata. Fajrurrahman optimistis dengan dukungan dan partisipasi semua pihak, sektor pariwisata bisa menjadi sektor andalan baru bagi masyarakat Kotawaringin Timur.