Wuih! Warga Negara Ini Tahun Depan Bawa KTP Cukup Akses Ponsel

id polandia, KTP via ponsel

Wuih! Warga Negara Ini Tahun Depan Bawa KTP Cukup Akses Ponsel

Negara Polandia. (halokawan.com)

Warsawa (Antara Kalteng) - Saat di Indonesia KTP-Elektronik belum tuntas dipakai seluruh warganya, ternyata warga Polandia tahun depan bisa membawa kartu identitas versi elektronik yang bisa diakses dari telepon seluler, demikian menurut Menteri Digital Anna Strezynska, Jumat (29/9).

"Saya berharap Polandia, yang dikenal di Eropa karena keterbukaan mereka terhadap teknologi baru, akan menjadi pengguna terdepan" sistem tersebut, kata Strezynska, seperti dikutip kantor berita Polandia PAP.

Strezynska menyampaikan hal itu saat berkunjung ke Kota Nowy Wisnicz di Polandia selatan, salah satu lokasi tempat teknologi saat ini sedang diuji.

Ia mengatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan perubahan undang-undang saat ini sehingga warga Polandia bisa mengeluarkan telepon saat mereka perlu menunjukkan kartu identitas kepada petugas polisi dan lain-lain.

Sistem baru itu akan diluncurkan secara bertahap, dimulai dengan kalangan anak muda. Versi ponsel dari surat izin mengemudi, dokumen pendaftaran kendaraan, kartu pelajar dan dokumen lainnya akan menyusul, menurut Strezynska.

Warga Polandia, yang jumlahnya 38 juta, nantinya dapat menyimpan kartu identitas mereka di cloud dan bisa mengeluarkan dokumen di telepon seluler mereka menggunakan kode yang diterima melalui pesan teks.



Juru bicara Kementerian Digital Karol Manys mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa sistem serupa sudah ada di beberapa negara anggota Uni Eropa lainnya termasuk Austria dan Estonia.


Penerjemah: Nanien Yuniar