Universitas Ini Raih Akreditasi Tertinggi di Kalimantan

id universitas mulawarman, menristekdikti, akreditasi tertinggi di kalimantan

Universitas Ini Raih Akreditasi Tertinggi di Kalimantan

Menristek Dikti, Mohamad Nasir. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Samarinda (Antara Kalteng) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan Universitas Mulawarman yang terdapat di Samarinda, Kalimantan Timur, meraih akreditasi tertinggi di Kalimantan yakni akreditasi A.
         
"Universitas Mulawarman merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Kalimantan yang mendapat akreditasi A," ujar Nasir saat kunjungan ke Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu.
         
Nasir mengatakan setelah mendapat akreditasi A, selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga lulusan semakin baik dan mampu bersaing melakukan perubahan ekonomi di Kalimantan Timur.
         
Menristekdikti mengakui jumlah perguruan tinggi di luar Jawa yang mendapat akreditasi A sangat sedikit.
        
"Mayoritas perguruan tinggi yang mendapat akreditasi A di Pulau Jawa. Saya berharap universitas lain bekerja keras mengejarnya," harap dia.
        
Menurut dia, diraihnya akreditasi A menjadi simbol perguruan tinggi unggulan yang ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).
         
Rata-rata perguruan tinggi di Indonesia masih berakreditasi C. Pemerintah, perguruan tinggi serta seluruh pemangku kepentingan memiliki peran masing-masing dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.
        
"Pemerintah berperan melalui penerapan regulasi yang mendukung iklim sehat bagi  peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Untuk meningkatkan jumlah akreditasi institusi, kami telah dilakukan pendampingan kepada perguruan tinggi terakreditasi B supaya bisa meningkat menjadi akreditasi A."
   
Dia juga menjelaskan pendampingan itu terbukti mampu meningkatkan akreditasi.
    
Pada 2016 terjadi peningkatan akreditasi dari B ke A sebanyak 24 perguruan tinggi, yang mana pada 2015 hanya terjadi peningkatan akreditasi B ke A sejumlah 5 perguruan tinggi.