24 Kelompok Tani Seruyan Terima Bantuan Alsintan

id alsintan, hamdani, anggota dpr asal kalteng, bupati seruyan

24 Kelompok Tani Seruyan Terima Bantuan Alsintan

Bupati Seruyan Sudarsono didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Haryono dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sugian Noor melakukan uji coba terhadap sejumlah alsintan yang akan diserahkan kepada kelompok tani dari sejumlah kecamatan,

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Sebanyak 24 kelompok tani dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menerima bantuan dan alat mesin pertanian yang digunakan untuk menunjang produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

Bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang berasal dari dana aspirasi Anggota DPR RI Dapil Kalteng Hamdani diserahkan oleh Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin.

"Petani yang telah menerima bantuan alat pertanian hendaknya dapat memanfaatkannya secara maksimal, jangan sampai nganggur dan jadi rongsokan," katanya.

Sudarsono mewakili masyarakat dan Pemkab Seruyan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Hamdani yang selama ini telah berkontribusi begitu banyak untuk pembangunan pertanian di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Dengan alsintan maka cara kerja petani akan semakin mudah, karena itu diharapkan bantuan alsintan akan mendorong peningkatan cetak sawah dan produksi pertanian sehingga kesejahteraan petani juga semakin baik," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor menyebutkan, 24 kelompok tani penerima bantuan alsintan berasal dari enam kecamatan yakni Kecamatan Seruyan Tengah, Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Hanau, Kecamatan Danau Seluluk, Kecamatan Seruyan Hilir dan Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

Adapun alsintan yang diserahkan terdiri dari dua traktor roda empat, sembilan traktor roda dua, lima pompa air dan delapan alat penanam padi atau rice transplanter.

"Penerima bantuan alsintan hendaknya dapat menjaga dan merawat bantuan pemerintah, terutama yang berupa peralatan agar tahan lama dan dapat digunakan untuk jangka panjang," katanya.

Ia menambahkan selain dituntut memaksimalkan bantuan pemerintah, untuk mencapai ketahanan pangan berkelanjutan, para petani harus benar-benar menjalankan program pertanian dengan penuh komitmen, terutama untuk pemenuhan target produksi serta luas tanam.

Kemudian untuk mewujudkan Seruyan sebagai lumbung produksi pertanian, maka aktivitas pertanian harus mendapat dukungan dari seluruh sektor terkait yang ada di Seruyan.

"Pembangunan pertanian harus terus maksimal, untuk itu ke depan diharapkan ada koordinasi yang baik antarinstansi sehingga ada kesepahaman dan sinergi dalam membangun pertanian di Seruyan," katanya.