Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Kata Bupati Bartim di Hari Kesaktian Pancasila

id bupati bartim, hari kesaktian pancasila, pancasila

Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Kata Bupati Bartim di Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Memaknai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati di halaman kantor Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Bupati Ampera AY Mebas mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Masyarakat kita (Bartim) wajib menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini, mulai saat ini dan seterusnya," katanya usai upacara Kesaktian Pancasila kepada Antara Kalteng, Senin.

Menurut Ampera, upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan rangkaian sejarah yang terjadi atas peristiwa bersejarah lainnya, yakni peristiwa pengkhianatan yang dikenal dengan G30S/PKI.

Atas peristiwa bersejarah tersebut, Ampera mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu melihat dan memaknai sejarah tersebut. 

"Saat ini Kabupaten Bartim yang  memiliki keanekaragaman suku dan agama sangat kondusif. Kita dari Pemerintah Kabupaten Bartim terus berupaya mempererat persatuan dan kesatuan bangsa," katanya. 

Sesuai dengan peraturangan perundangan yang berlaku, dilarang adanya paham komunis di Indonesia termasuk kabupaten Bartim. 

Sebagai orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Bartim, Ampera meminta kades sebagai ujung tombak Pemerintahan mampu menjadi terdepan dalam mendeteksi dini semua permasalahan dan mampu menyelesaikannya.

"Jika ada permasalahan, segera kordinasikan dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa," ungkap Ampera.