Pemprov Kalteng Ajukan Raperda Retribusi - Perangkat Daerah

id Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Said Ismail, Raperda Retribusi, Perangkat Daerah

Pemprov Kalteng Ajukan Raperda Retribusi - Perangkat Daerah

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Habib H Said Ismail (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengajukan rancangan peraturan daerah tentang retribusi retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha, retribusi jasa tertentu serta perubahan dan pembentukan perangkat daerah ke DPRD setempat.

Sampai saat ini Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah masih menjadi dasar pemungutan pajak, sehingga bila ada penambahan objek retribusi harus ditetapkan dalam peraturan daerah (Perda), kata Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail pada rapat paripurna DPRD Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

"Ini yang mendasari Pemprov Kalteng mengajukan tiga raperda yang berkaitan dengan retribusi, karena sesuai perkembangan perlu dilakukan penyesuaian, baik secara substansi maupun strukturnya," ucap Wagub Kalteng.

Raperda Retribusi Jasa Umum yang diajukan Pemprov Kalteng perlu dibahas dan ditetapkan karena adanya penambahan enam objek baru, dan terjadi perubahan tarif retribusi berjumlah tiga buah yang terdiri dari cetak peta perkebunan, cetak peta informasi pertambangan dan pelayanan di laboratorium kesehatan.

Raperda retribusi Jasa Usaha telah dirancang 28 usulan penambahan objek baru, yang terdiri dari retribusi pemakaian kekayaan daerah. Untuk perubahan tarif sendiri, berjumlah 16 buah terdiri dari retribusi pemakaian bibit tanaman serta mengatur objek tera ulang yang dialihkan kewenangannya kepada kabupaten/kota.

"Kalau raperda retribusi Perizinan Tertentu terdapat delapan usulan penambahan objek baru yang terdiri dari penerbitan surat izin penangkapan ikan andon, dengan kualifikasi alat tangkap tuna, rayai dasar, alat tangkap pancing cumi dan alat tangkap lainnya," beber Ismail.

Orang nomor dua di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" itu berharap semua raparda yang telah diajukan agar segera dibahas dan ditindaklanjuti oleh DPRD Kalteng. Sebab, kebijakan pemerintah untuk menarik retribusi punya dasar hukum yang kuat.

"Keberadaan raperda itu akan memberi jaminan pelaksanaan.

Jadi, kami berharap raperda ini dibahas lebih lanjut, mengingat pemerintah memerlukan dasar hukum dalam pelaksanaan kegiatan," demikian Ismail.