Polda Turunkan Satu Pleton Amankan Pilkades Barsel

id Karo Operasional Polda Kalteng, Kombes Pol Tetra Megayanto Putra, Pilkades Barsel

Polda Turunkan Satu Pleton Amankan Pilkades Barsel

Karo Operasional Polda Kalteng, Kombes Pol Tetra Megayanto Putra. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menurunkan personel untuk membantu pengamanan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Barito Selatan.

"Untuk memback up pengamanan, kami menurunkan satu peleton Dalmas Polda Kalteng," kata Karo Operasional Polda Kalteng, Kombes Pol Tetra Megayanto Putra, di Buntok, Selasa.

Menurut dia, sesuai perintah Kapolda 1 peleton ini dalam rangka membantu mempertahankan situasi kamtibmas di Barsel, baik menjelang maupun pelaksanaan Pilkades serentak.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkades serentak disejumlah desa pada 3 Oktober 2017 yang berada di lima desa di kabupaten setempat bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar,"ucap Tetra Megayanto Putra.

Ia mengatakan, apabila perkembangan situasi, dan kondisi yang mengarah yang negatif, anggota yang ada siap menanganinya.

Untuk sementara anggota Polda kalteng masih tetap stanby di Mapolres Barito Selatan untuk membantu kegiatan-kegiatan seperti Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) dan lainnya, supaya situasi kamtibmas tetap kondusif.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, delapan desa yang melaksanakan Pilkades pada 3 Oktober 2017 ini yakni desa Rantau Bahuang Kecamatan Jenamas, desa Mahajandau dan Lehai kecamatan Dusun Hilir serta desa Pamangka kecamatan Dusun Selatan.

Untuk di kecamatan Karau Kuala, ada tiga desa yang akan melaksanakan Pilkades pada tahun 2017 ini yakni desa Teluk Sampudau, desa Talio dan desa Babai, sedangkan di Kecamatan Gunung Awai yakni desa Muara Singan.

Pilkades secara serentak pada tahun 2017 ini merupakan pelaksanaan gelombang kedua, dan untuk gelombang pertamanya telah dilaksanakan pada tahun 2015 lalu, dan untuk gelombang ketiga akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.