Peran Pengawas Sekolah Pengaruhi Mutu Pendidikan

id gunung mas, gumas, kuala kurun, Mutu Pendidikan, dikbud, Peran Pengawas Sekolah Pengaruhi Mutu Pendidikan

Puluhan Pengawas Sekolah di wilayah Kabupaten Gumas, saat mengikuti kegiatan Diklat Peningkatan Kinerja Pengawas Tingkatan Kabupaten Gumas. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengatakan, bahwa dalam kontek peningkatan mutu pendidikan harus sejalan dengan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar mutu pendidikan, yakni peranan pengawas sekolah sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. 

"Peran dan eksistensi pengawas sekolah harus dilakukan pembinaan agar citra pengawas sekolah selalu lebih meningkat," kata Kabid Pembinaan Ketenagaan Dikbud Gumas, Martono di Kuala Kurun, Rabu.

Menurutnya, pengawas sekolah dituntut mampu melaksanakan tugas dan fungsi baik pengawasan secara manajerial pada sekolah yang menjadi binaannya. Memiliki motivasi untuk meningkatkan kompetensi pribadi, sosial, pedagogik, dan profesional. 

Kemudian, bisa bekerjasama dengan guru, kepala sekolah, komite di sekolah yang menjadi binaannya. Mampu melakukan berbagai inovasi pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaannya masing-masing. 

Serta mampu meningkatkan jenjang karier, agar menjadi pengawas yang profesional dan berkompeten serta mampu meningkatkan mutu pendidikan. 

Menurut-nya, pengawas harus mempunyai nilai lebih dari guru dan kepala sekolah baik segi kualifikasi, kemampuan, kompetensi, finansial, dan dimensi lain-nya agar kehadiran pengawas di sekolah betul-betul didambakan dan diharapkan stakeholder sekolah. 

"Untuk itu, saya mengajak Pengawas untuk bisa dan selalu meningkatkan kemampuan, kreatifitas, dan mengembangkan karier sesuai dengan tugas dan fungsi seorang pengawas yang profesional dan berkomperen," tandasnya. 


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar