Barut Siap Tuan Rumah Festival Qasidah Kalteng

id Tuan Rumah, Festival Qasidah, Kalteng

Barut Siap Tuan Rumah Festival Qasidah Kalteng

Sekda Barito Utara, Jainal Abidin (kanan) membuka kegiatan rapat koordinasi Festifal Seni Qasidah (FSQ) ke VI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di aula Bappeda dan Litbang setemoat di Muara Teweh, Kamis. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Kabupaten Barito Utara siap menggelar Festival Seni Qasidah VI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dijadwalkan 12-19 Oktober 2017 di Muara Teweh Ibu Kota Kabupaten Barut.

Kesiapan sebagai tuan rumah FSQ IV disampaikan Sekretaris Daerah Pemkab Barut Jainal Abidin disela-sela rapat koordinasi FSQ Kalteng di Muara Teweh, Kamis.

Rakor FSQ itu dihadiri para Kepala Kementerian Agama, dan pejabat lainnya serta Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah dan Rebana (Lasqi) se Kalteng dan panitia penyelenggara.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda Jainal Abidin mengucapkan selamat datang di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang bermotokan BARITO (Bersih, Aman, Rapi, Indah, Tertib dan Optimal).

"Rapat koordinasi ini memiliki arti yang sangat penting. Dimana dalam rapat ini akan disepakati hal-hal penting dalam rangka penyelenggaraan FSQ VI tingkat Kalteng di Kabupaten Barito Utara yang diikuti 13 kabupaten dan 1 kota ini," katanya.

Dia mengatakan bahwa Lasqi adalah lembaga suatu organisasi bidang seni budaya yang bercorak keislaman. Organisasi Lasqi merupakan lembanga berjenjang dari tingkat pusat , tingkat provinsi, tingkat Kabupaten dan tingkat kecamatan.

LASQI sendiri katanta mempunyai kegiatan rutin setiap tahun, yaitu sebagai pelaksa kegiatan lomba seni bernafaskan keislaman seperti lomba qasidah klasik (rebana) putra dan putri, lomba qasidah kolaborasi, lomba hadrah, bintang vokalis anak-anak putra dan putri, bintang vokalis remaja putra dan putri, bintang vokalis dewasa putra dan putri dan lomba seni fashion show islami putra dan putri.

"Kami selaku tuan rumah akan menyiapkan, menyelenggarakan dan memfasilitasi para kafilah yang datang dari kabupaten/kota se Kalimantan Tengah. Dan saya juga berharap rakor ini membuahkan keputusan yang bermanfaat untuk penyelenggaraan FSQ VI ini," kata dia.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati mengatakan, untuk persiapan akomodasi dan konsumsi kafilah dari kabupaten/kota se-Kalteng sudah dipersiapkan secara maksimal sesuai dengan aturan dan ketentuan serta standar gizi.

"Kami akan memberikan pelayanan yang optimal hingga suksesnya kegiatan ini," kata Sri Hidayati yang juga istri Bupati Barito Utara Nadalsyah itu.