Warga Antusias, KPU Gumas Sosialisasi Pilkada Melalui Jalan Sehat

id KPU Gumas, Gunung Mas, Sosialisasi Pilkada Melalui Jalan Sehat, pilkada serentak

KPU Gumas Sosialisasi Pilkada Melalui Jalan Sehat. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Mas (KPU Gumas), melaukan lauching dan jalan sehat sekaligus mensosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018 di Taman Kota Kuala Kurun. Kegiatan ini, antusias dihadiri ribuan warga setempat sejak pukul 05.30 WIB.

Ketua KPU Kabupaten Gumas, Stevenson, Jumat, mengatakan maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gumas Tahun 2018 beserta maskot-nya berupa rumah betang.

"Proses tahapan sudah dimulai. Salah satunya adalah pemasangan baliho disamping panggung ini," ungkapnya.

Ia menyebutkan, jumlah peserta jalan sehat itu mencapai 2.869 orang dengan syarat satu KTP mendapat satu kupon saja. Untuk hadian utama berupa 3 unit sepeda motor, sepeda gunung, televisi, lemari es dan berbagai hadiah menarik lainnya yang merupakan sumbangan dari Pemkab Gumas, dan donator.

Sementara itu, Bupati Arton S Dohong mengatakan, momentum ini adalah awal kita memulai pesta demokrasi langsung yang semua terlibat di dalamnya.

Karena sesuai dngan UUD 1945 telah diatur hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam proses berdemokrasi ini.

Maskot berupa Si Betang yang berasal dari rumah adat kita, lajut dia, yaitu Rumah Betang. Hal ini, identik dengan ciri Khas Kabupaten Gumas. 

Karena terdapat beberapa Rumah Betang yang terkenal akan sejarahnya dan dijadikan objek wisata daerah. 

"Filosofis Rumah Betang sendiri terkandung suatu makna yaitu semangat kebersamaan di dalam perbedaan," tandasnya.

Berkacamata dari Pilkada di Gumas sebelumnya, Bupati Arton S Dohong mengajak masyarakat untuk mendukung dan turut serta terlibat. "Mari kita sama-sama mengawasi, agar tidak terjadi kecurangan yang akhirnya hanya membuat kita dalam kondisi ketidakpastian," tandasnya.

Senada dengan itu, Plh Ketua KPU Provinsi Kalteng Ta’ibah Istiqomah juga mengajak kepada seluruh elemen di Kabupaten berjuluk "Habangkalan Penyang Karuhei Tatau" itu, turut serta menyukseskan pesta demokrasi di Gumas pada tanggal 27 Juni 2018, salah satunya adalah mencoblos ke TPS. 

"Karena kebijakan pemerintah terpilih menjadi penting, karena akan berdampak pada segi kehidupan kita. Ingat, jangan sampai golput," pintanya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Plh Ketua KPU Provinsi Kalteng Ta’ibah Istiqomah, Bupati Gumas Arton S Dohong, Ketua TP PKK Gumas Apristini, Wakil Ketua DPRD Gumas Ristawati T Alang, Anggota DPRD Gumas Lily Rusnikasi, Komisioner KPU Provinsi Kalteng Sepmiwawalma, dan Ketua KPU Gunung Mas Stepeson, dan tamu undangan lainnya.


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar