WASPADA! Modus Penipuan Minta Uang Catut Nama Kapolres Barito Timur

id Polres Bartim, Modus Penipuan Minta Uang, Catut Nama Kalpores Barito Timur

WASPADA! Modus Penipuan Minta Uang Catut Nama Kapolres Barito Timur

Kapolres Bartim AKBP Raden Petit Wijaya SIK. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Warga Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah diharapkan waspada dengan adanya aksi penipuan yang mencatut nama pejabat di Polres setempat dengan meminta transfer sejumlah uang. 

Kapolres Bartim AKBP Raden Petit Wijaya SIK melalui Kasat Reskrim AKP Andhi Kurniawan SIK di Tamiang Layang, Jumat, mengatakan, jika ada telepon yang mengatas namakan Kapolres dan meminta sejumlah dana untuk ditransfer, maka hal tersebut tidak benar alias penipuan.

"Jika menerima telepon yang mengatasnamakan Kapolres atau mengaku pejabat kepolisian Polres Bartim dengan meminta sejumlah uang untuk ditransfer, maka segera kordinasikan ke pihak kepolisian setempat atau bisa langsung datang ke Polres Bartim," kata Andhi.

Pihaknya menegaskan. siapa pun yang mengatasnamakan pejabat Polres Bartim kemudian meminta sejumlah dana untuk dilakukan transfer ke nomor rekening, maka warga diharapkan jangan mudah percaya. 

"Tidak hanya kepada warga, pihak perusahaan juga harus waspada. Terlebih lagi mengatasnamakan pejabat polres dan meminta segera dilakukan transfer sejumlah uang. Intinya jangan langsung percaya," tegasnya. 

Menurutnya, walaupun belum ada laporan kasus penipuan atas nama pejabat Polres Bartim, lebih baik waspada dan berhati-hati. 

Kasus penipuan dengan mencatut nama pejabat polres merupakan modus lama. Namun kerap dilakukan oknum tidak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan pribadi. 

Pada umumnya, oknum tersebut menghubungi via telepon dengan mengatasnamakan pejabat polres. Kemudian berbicara layaknya anggota polisi dengan membicarakan masalah kasus yang bisa diperbantukannya atau meminta sejumlah dana untuk keperluan kepolisian.