Pemkab Seruyan Diminta Bekali Calon Polisi

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Calon Polisi

Pemkab Seruyan Diminta Bekali Calon Polisi

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Instagram.com/protokol_komunikasi_seruyan)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah meminta Pemerintah Kabupaten Seruyan untuk ikut membekali calon peserta seleksi anggota Polri yang berasal dari wilayah kabupaten tersebut.

"Pembekalan dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani Bupati Seruyan Sudarsono," kata Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu'min Wijaya di Kuala Pembuang, Jumat.

Pembekalan atau pembinaan dan pelatihan ditujukan untuk mendapatkan calon peserta seleksi penerimaan anggota Polri yang berkualitas. Termasuk menjaring pendaftar dari pelosok berdasarkan talenta, misalnya bidang pendidikan, olahraga, beladiri, hafiz quran dan lain sebagainya.

"Kita akan akan memilih, menjaring, melatih, dan menyeleksi bibit-bibit unggul itu di tingkat wilayah yang selanjutnya diikutsertakan dalam seleksi yang sesungguhnya," katanya.

Ia mengatakan, selama pembekalan yang berlangsung dari September 2017 hingga Februari 2018, pihaknya akan melakukan pembekalan menyesuaikan dengan bidang-bidang yang akan dites pada seleksi sesungguhnya, seperti bidang akademik, psikologi hingga kesehatan.

"Namun, khusus untuk di Seruyan kita akan lebih fokus pada bidang akademik, karena berdasarkan pengalaman sebelumnya banyak pendaftar dari Seruyan lemah dibidang akademik," katanya.

Menurutnya, program pembekalan hendaknya dapat dimanfaatkan oleh putra putri asli Seruyan yang ingin mengikuti seleksi dan mengabdikan diri menjadi anggota kepolisian.

"Ini juga kesempatan, karena Polres Seruyan sendiri masih kekurangan personel, jadi mudah-mudahan mereka yang berhasil lulus seleksi dapat kembali mengabdi untuk daerahnya sebagai anggota Polri," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono berharap, pembekalan yang dilakukan Polres Seruyan akan mempersiapkan pendaftar agar mampu bersaing secara sehat dengan daerah lain.

"Kita sering bicara kepentingan putra daerah tapi kita malah lupa menyiapkan diri, karena itu kerjasama dengan Polres ini sangat penting dalam rangka mempersiapkan sumberdaya manusia Seruyan agar mampu bersaing, khususnya dalam seleksi anggota Polri," katanya.