Pemkab Seruyan Upayakan Beri Bantuan Alsintan Bagi Petani

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Alsintan

Pemkab Seruyan Upayakan Beri Bantuan Alsintan Bagi Petani

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus mengupayakan pemberian bantuan alat dan mesin pertanian kepada petani yang ada di kabupaten tersebut.

Dengan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) diharapkan kerja petani jadi lebih mudah, cetak sawah dan hasil pertanian semakin produktif sehingga ekonomi petani juga semakin baik, kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin.

Dikatakan, dalam waktu dekat Pemkab Seruyan akan membagikan bantuan 750 unit alsintan kepada kelompok tani dari sejumlah kecamatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Saat ini pemberian bantuan alsintan tersebut masih dalam proses administrasi, begitu selesai akan langsung dibagikan," katanya.

Selama dua tahun terakhir, Pemkab Seruyan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) telah menyalurkan bantuan lebih dari 750 unit alat pertanian berbagai jenis kepada petani yang berasal dari APBD maupun APBN.

Meski demikian, menurutnya, jumlah bantuan alsintan yang diberikan belum cukup, dan di lapangan masih banyak petani yang belum mendapatkan bantuan alsintan karena proposal bantuan yang masuk tidak sebanding dengan jumlah alsintan yang tersedia.

"Yang belum dapat, kita harap sabar. Kalau tahun ini tidak dapat maka jangan putus asa, usulkan lagi, karena ada kelompok tani mendapatkan bantuan alsintan setelah beberapa kali menyampaikan usulan," katanya.

Ia menambahkan, untuk mengatasi persoalan kekurangan alsintan, maka kelompok tani yang sudah menerima bantuan alsintan hendaknya dapat memanfaatkan alsintan bersama-sama dengan kelompok tani lain yang belum menerima bantuan.

"Pemanfaatan alsintan hendaknya selalu dimusyawarahkan. Ketika alsintan tidak terpakai kemudian ada kelompok tani lain yang mau pinjam, silakan dipinjamkan sehingga bantuan alsintan yang diberikan oleh pemerintah dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak petani," katanya.