Investor Harus Serius dan Turut Serta Sejahterakan Masyarakat Kotim

id DPRD Kotim, Muhmmad Shaleh, investor, Investor Harus Serius dan Turut Serta Sejahterakan Masyarakat Kotim

Ilustrasi. (Istimewa)

...kehadiran investasi di Kotawaringin Timur jangan malah menambah permasalahan di masyarakat. Untuk itu, para investor harus benar-benar serius memperhatikan kepentingan masyarakat dan daerah...
Sampit (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Muhmmad Shaleh minta investor bidang perkebunan, pertambangan maupun kehutanan agar turut dalam upaya mensejahterakan masyarakat daerah setempat.

"Pemkab membuka peluang untuk investasi adalah agar bisa memberikan kontribusi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya di Sampit, Senin.

Menurut dia, kehadiran investasi di Kotawaringin Timur jangan malah menambah permasalahan di masyarakat. Untuk itu, para investor harus benar-benar serius memperhatikan kepentingan masyarakat dan daerah. Hal itu supaya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat lebih baik lagi.

Kemudian lanjutnya, sudah menjadi kewajiban setiap perusahan memperhatikan lingkungan sekitar tempat kegiatan usaha dilakukan.

Melalui tanggung jawab sosial perusahan atau corporate social responsibility (CSR) yang berkelanjutan diharapkan dapat memajukan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Sudah menjadi kewajiban semua perusahaan yang berinvestasi baik perkebunan kelapa sawit, perusahaan pertambangan, perusahaan HPH, lembaga keuangan seperti bank. Harus melaksanakan CSR sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya.

Shaleh juga meminta kepada Pemkab Kotawaringin Timur melalui intansi terkait, supaya menindak tegas investor yang tidak melakukan kewajiban sesuai aturan yang berlaku.

"Untuk memastikan investor melaksanakan kewajibannya, yakni CSR maka harus ada pengawasan yang rutin. Jika ada perusahaan yang beluk melaksanakan kewajibannya tersebut maka pemerintah daerah berkewajiban melakukan teguran," ungkapnya.

Kepada investor juga diminta untuk taat dengan aturan yang berlaku dan jangan pura-pura lupa terhadap tanggung jawabnya tersebut.

Pemerintah daerah bersama investor diharapkan bersinergi agar tidak ada pihak yang dirugikan. 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar