Demi Capai Piala Dunia, Italia Susah Payah Kalahkan Albania

id Italia, Italia ke playoff Piala Dunia, Demi Capai Piala Dunia, Italia Susah Payah Kalahkan Albania, Antonio Candreva

Demi Capai Piala Dunia, Italia Susah Payah Kalahkan Albania

Antonio Candreva. (Eurosport)

Shkofer, Albania (Antara Kalteng) - Italia dengan susah payah menang 1-0 atas tuan rumah Albania, Selasa dini hari WIB tadi, berkat gol menit-menit terakhir Antonio Candreva sehingga finis sebagai runner-up Grup G dan sekaligus merebut satu tiket playoff demi mencapai Piala Dunia tahun depan.

Juara dunia empat kali itu sebenarnya sudah pernah memastikan tiket playoff karena finis di bawah juara grup Spanyol, tetapi setelah hasil seri memalukan 1-1 melawan Makedonia, Jumat pekan lalu, mereka mendapatkan tekanan besar untuk tampil lebih baik di Albania.

Itali menyianyiakan beberapa peluang gol sebelum Candreva yang tidak terjaga di sisi kiri penjaga gawang Etrit Berisha menyambut bola operan Leonardo Spinazzola untuk dilepaskannya menjadi gol kemenangan Italia.

"Kami telah memainkan pertandingan yang hebat, kami bersatu padu bermain dan kami membawa pulang kemenangan," kata gelandang Lorenzo Insigne. "Hari ini kami telah berusaha menang dengan sekuat tenaga dan kami berhasil menang. Kami telah memberikan segalanya dan membuktikan Italia tidak pernah menyerah."

Kini Italia harus menjalani playoff dua leg melawan salah satu dari delapan runner-up terbaik zona Eropa untuk memastikan satu tiket ke putaran final di Rusia tahun depan.

"Pada playoff November nanti, saya mengharapkan mereka lebih bugar lagi. Saya berharap kami dapat mengembalikan para pemain yang cedera," kata pelatih Gian Piero Ventura.

Peringkat ketiga Albania telah membuktikan berkembang dalam beberapa tahun terakhir setelah dilatih Christian Panucci yang adalah mantan pemain timnas Italia.  Mereka menggebrak Italia.

"Saya meminta maaf sebesar-besarnya demi anak-anak. Kami telah bermain setara dengan Italia, dan (kiper Italia Gianluigi) Buffon lebih banyak menyelamatkan bola ketimbang (kiper Albania) Berisha. Tetapi mereka menghukum kami hanya oleh satu momen ketika kami lengah," kata Panucci seperti dikutip Reuters.