Cetak Sawah 82,77 Ha akan Dilaksanakan di Lalap Bartim

id distan bartim, cetak saham, desa lalap bartim

 Cetak Sawah 82,77 Ha akan Dilaksanakan di Lalap Bartim

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Bartim, Ir Riza Rahmadi MM. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Kelompok tani Guntung Raya dari Desa Lalap, Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah akan menerima program cetak sawah di wilayahnya. 

Kepala Dinas Pertanian Bartim, Ir Riza Rahmadi, Selasa mengatakan, atas usulan poktan tersebut pihaknya akan melakukan pencetakan sawah seluas 82,77 hektar di Desa Lalap.

"Hal ini setelah adanya usulan dari poktan Guntung Raya ke BPP setempat yang disampaikan ke Distan. Ternyata poktan Guntung Raya ingin bercocok tanam padi," katanya usai memimpin rapat evaluasi dengan seluruh kordinator dan anggota Balai Penyuluh Pertanian se Bartim. 

Diterangkan Riza, program cetak sawah merupakan salah satu program yang berintegrasi dengan program Pemerintah Kabupaten Bartim dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan. 

Cetak sawah akan siap ditanami pada medio masa tanam Okmar (Oktober - Maret), sehingga hasilnya diharapkan bisa meningkatkan produktifitas padi dan mensejahterakan petani di Bartim.

Riza menegaskan, setelah cetak sawah selesai maka Distan tetap akan mengawal Poktan Guntung Raya agar berhasil dan mampu maksimal dalam bercocok tanam padi. 

Selain itu, Distan akan memprogramkan bantuan untuk Poktan tersebut seperti bantuan saprodi. 

"Selain memprogramkan cetak sawah, kita juga melakukan pertambahan luas dan percepatan tanam padi inbrida seluas 3.000 hektar yang tersebar dimasing wilayah kerja BPP se Bartim," katanya. 

Serta melakukan evaluasi masa tanam Asep dengan mengumpulkan seluruh BPP agar mengetahui kendala lapangan tentang pertanian, demikian Riza.