"Tendangan Kalajengking" Giroud Masuk 3 Besar Gol Terbaik FIFA

id Olivier Giroud, arsenal, Gol Terbaik FIFA

"Tendangan Kalajengking" Giroud Masuk 3 Besar Gol Terbaik FIFA

Olivier Giroud. (REUTERS/Suzanne Plunkett)

Zurich (Antara Kalteng) - Gol "tendangan kalajengking" yang dilepaskan Olivier Giroud bagi Arsenal saat melawan Crystal Palace musim lalu masuk dalam tiga besar kandidat bagi penghargaan gol terbaik FIFA pada Senin, bersama dengan gol pemain muda putri Venezuela Deyna Castellanos dan kiper Oscarine Masuluke.

Giroud mencetak gol dengan sepakan volinya pada pertandingan Liga Inggris yang berlangsung pada 1 Januari, menghasilkan sentuhan akrobatik dengan tumit kirinya untuk mengonversi umpan silang Alexis Sanchez sehingga masuk ke dalam gawang.

Arsenal memenangi pertandingan itu dengan skor 2-0 dan Giroud, yang mengakui setelahnya bahwa ia sedikit beruntung, mengatakan itu merupakan gol terbaik yang pernah dibukukannya.

Pemain 31 tahun itu merupakan pemain Prancis ketujuh yang dinominasikan untuk penghargaan ini, namun merupakan pemain Prancis pertama yang masuk dalam tiga besar, kata badan sepak bola dunia FIFA dalam situsnya (www.fifa.com).

Castellanos merupakan pemain putri kedua Venezuela dalam dua tahun berturut-turut yang menembus tiga besar dan dinominasikan untuk golnya dari wilayah dekat garis tengah lapangan saat melawan Kamerun pada Piala Dunia putri U-17 di Yordania tahun lalu.

Pemain 18 tahun itu mengikuti jejak kompatriotnya Daniuska Rodriguez, yang golnya masuk tiga besar tahun lalu namun kalah dari tendangan bebas pemain Malaysia Mohd Faiz Subri yang dibukukan dari jarak 35 meter.

Pemain Afrika Selatan Masuluke merupakan kiper pertama serta pemain pertama dari Afrika yang masuk tiga besar untuk sepakan salto menit terakhir spektakulernya untuk Baroka FC saat melawan Orlando Pirates tahun lalu.

Pemenang penghargaan ini, yang dinamai dengan nama almarhum kapten Hungaria Ferenc Puskas, akan diputuskan oleh publik dan diumumkan pada perayaan pemain tahunan FIFA di London pada 23 Oktober.